Kompas.com - 12/03/2021, 07:17 WIB
Ilustrasi ruang tamu yang dihiasi karpet. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi ruang tamu yang dihiasi karpet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan tempat yang memiliki interaksi yang paling sering, karena di dalam ruang tamu menjadi titik pertemuan keluarga atau teman. Mendekorasi sebaik dan seindah mungkin menjadi suatu keharusan agar kegiatan yang dilakukan di dalamnya bisa dilakukan senyaman mungkin.

Namun, tahukah Anda, dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (12/3/2021), ada beberapa hal yang seharusnya tidak pernah dilakukan di ruang tamu? Berikut penjelasannya. 

1. Bulu hewan peliharaan

Ketika memiliki hewan peliharaan berbulu seperti anjing atau kucing, berarti Anda harus menerima kosekuensinya yakni bulu mereka yang bisa bertebaran dimana-mana termasuk ruang tamu.

 

Baca juga: 7 Cara Praktis Menyegarkan Tampilan Ruang Tamu Tanpa Biaya Besar

Bulu hewan peliharaan yang rontok biasanya tertinggal di sofa atau di karpet pada ruang tamu. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya bersihkan secara berkala.

2. Menyembunyikan barang

Barang yang terlalu banyak sebaiknya dijauhkan dari ruang tamu, sehingga tidak menimbulkan kekacauan dan terlihat berantakan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan ketika Anda menyembunyikan barang di kotak penyimpanan, singkirkan dari ruang tamu, karena tidak enak dipandang. Sebagai solusinya, letakkan berbagai barang tersebut di tempat yang lebih tersembunyi.

3. Titik kotor

Mungkin Anda sering membersihkan karpet, lantai, dan berbagai furnitur di dalam ruang tamu secara teratur, namun terkadang area utama tetap kotor. Seperti misalnya di bawah sofa, kipas angin gantung, tirai, bahkan jendela.

 

Baca juga: 6 Cara Membuat Ruang Tamu Bernuansa Putih Lebih Hangat

Ini semua adalah titik-titik kecil yang jika dihindari terlalu lama, dapat menambah ruang yang lebih kotor dari yang Anda sadari.

4. Menjauhkan furnitur

Ruang tamu memiliki fungsi utama sebagai tempat pertemuan dan berbincang santai. Maka dari itu, jangan salah meletakkan furnitur. Alih-alih salah meletakkan sofa dan meja membuat kegiatan berbincang tidak nyaman.

Atur tempat duduk Anda sehingga tidak terlalu berfokus pada televisi sehingga perbincangan bisa lebih nyaman dan intens.

5. Mengenakan sepatu

Mengenakan sepatu di sekitar bagian mana pun dari rumah Anda sebenarnya adalah cara cepat untuk membuatnya lebih kotor. Tetapi karena ruang tamu sering kali lebih dekat dengan pintu masuk rumah Anda, cenderung lupa melepas sepatu Anda.

Jadi, berusahalah menciptakan tempat di pintu masuk Anda di mana Anda bisa melepas sepatu dengan mudah. Ini akan membuat ruang tamu Anda lebih bersih.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X