Kompas.com - 09/03/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi kamar tidur. PIXABAY/MANUELA JAEGERIlustrasi kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tiba waktunya untuk tidur, semakin gelap kamar tidur Anda, semakin baik. Cahaya mengganggu produksi melatonin di otak, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur.

Tetapi, bagaimana jika kamar tidur Anda gelap bahkan di siang hari? Hal ini adalah masalah yang umum, tetapi sulit untuk dipecahkan karena penyebab umumnya beberapa jendela, jendela menghadap utara, jendela yang dinaungi pohon atau bangunan.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (9/3/2021), berikut beberapa trik agar kamar tidur lebih terang di siang hari namun tetap nyaman ketika ingin beristirahat.

Baca juga: Tips Ubah Desain Kamar Tidur agar Bisa Bangkitkan Semangat

Cahaya Ekstra

Jika kamar tidur Anda tidak menerima cukup cahaya alami, Anda harus menyediakan penerangan sendiri. Akan tetapi, jangan memasang satu lampu di meja samping tempat tidur Anda dan menganggapnya sudah selesai.

Hanya memiliki satu sumber cahaya menciptakan banyak bayangan, memberi kesan kamar tidur menyeramkan dan meninggalkan ruang di luar lingkaran cahaya yang sama gelapnya seperti biasanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alih-alih, terangi ruangan Anda dengan setidaknya dua, dan sebaiknya tiga, sumber cahaya.

Anda akan selalu membutuhkan lampu di meja samping tempat tidur atau dipasang di dinding dekat tempat tidur. Tambahkan ke perlengkapan langit-langit jika memungkinkan dengan mengggunakan kipas langit-langit.

Baca juga: Tips Ubah Desain Kamar Tidur agar Menjadi Lebih Nyaman

Kemudian, lampu kedua ditempatkan di seberang ruangan, sebaiknya secara diagonal, dari lampu samping tempat tidur Anda. Jadikan lampu kedua sebagai lampu lantai untuk menambah daya tarik visual.

Pilih Warna Dinding Anda dengan Bijak

Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi jika kamar tidur Anda gelap, dinding putih bukanlah solusi terbaik.

Meskipun warna terang dapat membantu ruangan kecil tampak lebih besar, warna tersebut tidak terlalu bagus untuk membuat ruangan yang gelap terasa lebih cerah.

Warna putih dan warna terang lainnya terlihat cerah dan ceria saat memantulkan cahaya, tetapi di ruangan tanpa penerangan yang memadai, tidak ada cukup cahaya untuk dipantulkan.

Hal ini menyebabkan dinding putih menjadi abu-abu, bayangan, membuat ruangan terasa redup dan tidak menarik.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X