Kompas.com - 07/03/2021, 15:54 WIB
Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah merupakan hal yang wajar dilakukan oleh pemilik rumah. Tentu saja tujuannya adalah untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan cantik dipandang.

Akan tetapi, ada beberapa hal dan kebiasaan yang harus dihentikan ketika mendekorasi rumah. Kesalahan-kesalahan dekorasi rumah ini akhirnya akan membuat rumah terasa tidak nyaman dan tidak enak dilihat.

Apa saja kesalahan dalam mendekorasi rumah yang harus segera dihentikan? Dilansir dari Family Handyman, Minggu (7/3/2021), berikut uraiannya.

Baca juga: Ide Dekorasi untuk Membuat Rumah Segar dan Nyaman di Musim Hujan

1. Membeli furnitur terlalu mahal

Furnitur memang mahal, tapi bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membuat rumah Anda terlihat bagus. Anda dapat menemukan furnitur yang tampak mewah tetapi tidak mahal.

2. Gaya tidak cocok

Ada banyak gaya desain dan dekorasi rumah yang populer, tetapi mencoba memadukan terlalu banyak gaya bisa merusak pemandangan. Baik Anda menginginkan gaya dekorasi maksimalis atau sesuatu yang sedikit lebih tradisional, pastikan Anda tetap konsisten.

3. Terlalu berani

Mungkin ada terlalu banyak hal yang baik. Gaya yang mencolok alias bold mungkin gaya Anda, tetapi pastikan itu tidak mengurangi keseluruhan kecantikan tampilan rumah yang Anda inginkan.

Pertimbangkan ide atau furnitur cat yang mengubah ruang Anda tanpa terlalu berani.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berukuran Kecil yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

4. Terlalu konservatif

Sebaliknya, jangan takut untuk memamerkan beberapa warna yang menyenangkan dan benar-benar menghidupkan ruangan Anda. Kamar tidur serba putih atau serba abu-abu juga bukan pilihan terbaik.

5. Furnitur terlalu besar

Mengucapkan selamat tinggal pada sofa atau meja kopi kesayangan bisa jadi sulit, tetapi jangan mengorbankan fungsionalitas untuk nostalgia. Furnitur yang terlalu besar tidak hanya terlihat buruk.

Jika terjadi kebakaran, tindakan ini bisa berbahaya jika menghalangi jalan keluar Anda. Ukur ruangan sebelum membeli furnitur, sehingga tidak membuat ruangan terlalu sesak dan Anda menyesal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X