Kompas.com - 06/03/2021, 18:44 WIB
Ilustrasi mawar, bunga mawar. SHUTTERSTOCK/SERHII BROVKOIlustrasi mawar, bunga mawar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama dan penyakit merupakan dua faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman, seperti penyakit jamur yang umum menyerang berbagai tanaman.

Jika tanaman terserang jamur, akan mengalami berbagai macam keluhan salah satunya munculnya bintik hitam.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (6/3/2021), bintik hitam merupakan penyakit jamur (Diplocarpon rosae) yang biasanya menyerang bunga mawar.

Baca juga: Penyakit Busuk Putih pada Tanaman, Penjelasan dan Cara Menanganinya

Jamur berkembang menjadi bintik hitam pada daun, yang akhirnya menyebabkan daun menguning dan rontok.

Selain terlihat tidak enak dipandang, hal itu dapat melemahkan tanaman mawar secara serius. Bintik hitam tumbuh subur selama cuaca sejuk dan lembap, sedangkan panas saat musim panas yang ekstrim membatasi penyakit.

Menyebar ke seluruh daun

Bintik hitam akan terlihat seperti bintik hitam melingkar pada daun. Biasanya terdapat di sisi atas daun, tetapi bisa juga berkembang di sisi bawah.

Tepi luar lingkaran hitam tidak rata atau berbulu dan biasanya dikelilingi oleh lingkaran kuning.

Baca juga: Tangani Penyakit Embun Tepung pada Tanaman dengan Pestisida Buatan Sendiri

Bintik-bintik biasanya dimulai di daun bagian bawah dan bergerak ke atas. Mereka bisa muncul sedini mungkin saat daun pertama kali terbentang.

Bintik-bintik ini bisa membesar dan akhirnya bergabung dan semakin menutupi permukaan daun. Daun yang terkena sering rontok dari tanaman dan jika dibiarkan, seluruh daun akan berguguran. 

Jamur juga dapat menginfeksi batang muda, menyebabkan lecet ungu tua atau hitam pada batang, bahkan bunganya mungkin menunjukkan bercak merah.

Tanaman yang terinfeksi akan menghasilkan lebih sedikit kuncup bunga dan tanpa daun, tanaman menjadi stres dan rentan terhadap lebih banyak masalah penyakit lainnya.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X