Kompas.com - 06/03/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi hujan. oceanicpropertiesllc.comIlustrasi hujan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebocoran di dalam rumah mungkin sulit dikenali, tetapi jika dibiarkan tidak terdiagnosis, masalah mengganggu ini dapat dengan cepat berubah menjadi masalah yang merugikan.

Jika kebocoran tidak diatasi dengan secepatnya akan mengakibatkan kerusakan di berbagai tempat hingga furnitur yang terkena bocoran tersebut.

Tak hanya itu, dilansir dari Ideal Home, Sabtu (6/3/2021), kebocoran yang tidak diatasi akan memakan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya karena mereka akan merambat ke mana-mana.

 

Baca juga: Atap Rumah Bocor Saat Hujan, Apa yang Harus Dilakukan?

Berikut beberapa tanda-tanda kebocoran di dalam rumah yang harus segera diatasi.

Tambalan Basah dan Dinding Retak

Bel alarm akan berbunyi jika area basah atau bagian lembap muncul di dinding atau langit-langit. Jika Anda melihat bercak lembap baru, penting untuk segera melihatnya.

Jika kelembaban berasal dari lantai, inilah saatnya untuk segera mengambil tindakan. Hal ini menjadi perhatian serius, karena kejenuhan yang berkepanjangan dapat melemahkan pondasi rumah Anda dari waktu ke waktu.

Jika kebocoran berasal dari atap, itu mungkin kasus gangguan genteng yang rusak atau bergeser atau ventilasi atap rusak. Cek juga tangki air Anda, yang mungkin berada di loteng, untuk memeriksa bahwa kebocoran tidak berasal dari sana.

Baca juga: Keran Dispenser Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Air dari atap dapat mengalir ke langit-langit atau dinding bagian dalam yang diserap oleh lapisan langit-langit, menyebabkan dinding dan langit-langit rumah Anda kendur dan terkadang mengelupas.

Jamur, Lumut, dan Bau

Jika Anda mencium bau tak sedap, bercak hitam atau perubahan warna di dinding, ini mungkin penanda kebocoran kecil hingga sedang di rumah Anda. Jamur tumbuh subur dalam suhu lembap sehingga jika pipa bocor di area hangat di dalam rumah, jamur dapat muncul dalam waktu 24-48 jam.

Penting untuk selalu mengetahuinya dan segera periksakan serta bersihkan, karena spora berbahaya yang dapat memengaruhi kesehatan dapat terbentuk hanya dalam tiga hari jika tidak disentuh.

Jika dinding tidak terlalu basah, Anda dapat mengatasi jamur sebelum spora berbahaya terbentuk. Mulailah dengan membersihkan dengan pembersih jamur dan lumut, biarkan larutan di area masalah selama 5 menit sebelum menyeka untuk hasil terbaik.



Sumber ideal home
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X