Kompas.com - 04/03/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan tata letak, tetapi dapur yang dirancang dengan baik memiliki beberapa kesamaan.

Ada beberapa elemen penting yang harus Anda pertimbangkan untuk membantu Anda merancang denah lantai yang paling efektif untuk dapur Anda, apakah Anda merencanakan dapur dapur, dapur bentuk U, tata letak bentuk L, atau bentuk pulau.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (4/3/2021), selain merencanakan penempatan peralatan, Anda perlu merencanakan jarak bebas, arus lalu lintas, detail penyimpanan, dan bahkan ketika beberapa alat elektronik dalam keadaan terbuka.

Baca juga: Berencana Mendekorasi Dapur? Zodiakmu Dapat Memberikan Gambaran

 

Berikut beberapa tata letak dapur yang dapat menjadi inspirasi.

Fungsi triangulasi

Tempatkan area memasak, pendingin, dan pembersihan sehingga membuat segitiga kerja kompak yang mudah bermanuver dan menyimpang dari pola lalu lintas rumah tangga.

Optimalkan efisiensi dengan menempatkan area persiapan di antara lemari es dan bak cuci. Jarak antara tiga titik segitiga tidak kurang dari 1 meter dan tidak lebih dari 2 meter.

Hitung ruang

Sediakan 91 cm ruang counter atau meja dapur tanpa gangguan per juru masak untuk persiapan makanan dan 1 meter jika Anda berencana untuk membuat kue atau adonan pai. Jangan lupa tempat khusus untuk mengistirahatkan makanan, memproses makanan, dan hidangan kotor.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Dapur, Ada yang Bisa Dimakan

Buat pulau atau kitchen island

Tempatkan struktur sehingga memisahkan ruang memasak dan ruang tamu, menyediakan tempat duduk di luar inti kerja, melengkapi atau menyempurnakan segitiga kerja dapur.

Selain itu, jika memungkinkan, menyajikan ruang tambahan, contohnya adalah prasmanan yang nyaman untuk ruang makan yang bersebelahan.

Titik fokus

Tempatkan elemen penting di setiap dinding. Posisikan wastafel dan tempat duduk agar mesin pencuci piring dan pengunjung menikmati pemandangan berbingkai jendela.

Membentuk titik fokus backsplash di belakang jangkauan; dan pasang rak terbuka untuk memajang koleksi warna-warni.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X