Kompas.com - 04/03/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi garam PIXABAYIlustrasi garam

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan dalam rumah yang sering terjadi adalah penyumbatan saluran air.

Saluran air yang tersumbat sering kali penuh dengan zat berminyak, yang dapat diuraikan oleh bahan rumah tangga biasa salah satunya garam.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (4/3/2021), untuk membersihkannya, masukkan garam ke dalam saluran air yang tersumbat dengan air panas atau soda kue alias baking soda dan cuka.

Baca juga: Garam dan Micin Bisa Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Lebat, Ini Caranya

Setelah penyumbatan dibersihkan, gunakan campuran yang sama secara teratur untuk mencegah penyumbatan tersebut datang kembali. Berikut beberapa langkah untuk membersihkan saluran air yang tersumbat dengan menggunakan garam dan air.

Cara membersihkan saluran air dengan garam

Untuk membersihkan saluran air menggunakan air garam, mulailah dengan mencampurkan garam dengan air dalam panci besar dan memanaskannya di atas kompor.

Untuk takarannya, seperempat cangkir garam per 8 cangkir air sudah cukup. Sebelumnya, panaskan air terlebih dahulu kemudian baru siram ke saluran air yang tersumbat.

Menggunakan baking soda dan cuka

Soda kue bereaksi dengan cuka untuk memecah asam lemak dalam penyumbatan lemak. Mulailah dengan menuangkan sekitar secangkir soda kue langsung ke saluran pembuangan.

 

Baca juga: Saluran Air Mampet? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini

Jika perlu, gunakan corong untuk memasukkan soda kue melewati pelindung percikan pembuangan sampah. Pastikan juga untuk melepaskan sumbat dari wastafel kamar mandi sebelum menambahkan soda kue.

Kemudian, tuangkan setengah cangkir cuka putih suling ke saluran pembuangan. Saat cuka bercampur dengan soda kue, gelembung gas akan terbentuk.

Gunakan gas ini untuk keuntungan Anda dengan memasukkan penghenti pembuangan untuk meningkatkan tekanan pada pipa. Setelah sekitar setengah jam, lepaskan sumbat saluran dan bilas saluran dengan air panas (bukan mendidih).

Perhatikan bahwa cuka tidak boleh digunakan untuk membersihkan penyumbatan jika Anda sudah mencoba menggunakan produk pembersih saluran kimiawi. Gas beracun dapat terbentuk saat cuka bereaksi dengan bahan kimia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X