Kompas.com - 03/03/2021, 21:23 WIB
Ilustrasi lemon. PIXABAY/STEVEPBIlustrasi lemon.

JAKARTA, KOMPAS.com — Lemon kita kenal sebagai buah yang biasa digunakan dalam minuman dan makanan sehari-hari.

Ternyata, buah berwarna kuning ini juga membantu kita dalam membersihkan rumah. Ini karena, lemon memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang alami.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh lemon, selain hanya digunakan sebagai bahan makanan. 

Baca juga: 8 Tips Membersihkan Benda di Rumah dengan Lemon

1. Talenan kayu

Dilansir dari Readers Digest, Rabu (3/3/2021), telenan kayu harus dibersihkan secara menyeluruh minimal sebulan sekali.

Permukaan berpori pada talenan cenderung menyimpan cairan dan partikel dari apa pun yang telah dipotong di atasnya, entah itu daging, sayur atau buah.

Untuk membersihkan, taburkan garam laut kasar di atas talenan, lalu gunakan setengah buah lemon (bagian daging menghadap ke bawah) dan gosokkan bolak-balik di atas papan.

Lemon akan menghilangkan noda di permukaan dan merembes ke lapisan kayu yang lebih dalam untuk dibersihkan.

Baca juga: 5 Pengharum untuk Kamar Tidur, Kopi hingga Lemon

2. Membersihkan pemanggang

Campuran garam dan jus lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan pemanggang dan kisi barbekyu milikmu. Angkat bagian teratas dari pemanggang, taburi dengan garam laut kasar, lalu gunakan sisi berdaging lemon untuk menggosok bolak-balik.

Keasaman lemon akan menghilangkan lemak yang membandel sementara garam memecah bagian yang lebih besar dari partikel makanan yang dipanggang. Lanjutkan proses pembersihan, lalu cuci dengan sabun dan keringkan.

3. Noda pada meja

Noda pada meja sangat mengganggu pemandangan. Untuk menghilangkkannya, peras jus lemon tepat di atas noda dan diamkan selama sekitar satu hingga dua menit, lalu taburkan soda kue di atasnya dan gunakan spons untuk menggosok noda dengan lembut.

Karena lemon cukup asam, kamu tidak boleh membiarkan jus terlalu lama dan jangan melakukan teknik ini pada meja marmer, karena jus lemon dapat menggores permukaannya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X