Kompas.com - 02/03/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman. PEXELS/SARAH DIETZIlustrasi menyiram tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya meletakkannya di dalam pot saja, namun merawat tanaman harus meluangkan banyak waktu untuk berbagai hal salah satunya dalam penyiraman.

Dalam penyiraman juga harus diketahui kapan waktu yang paling tepat tanaman dapat menyerap dengan baik air yang diberikan.

Dilansir dari Home Beautiful, Selasa (2/3/2021), waktu yang paling baik untuk menyiram tanaman adalah di pagi dan sore hari, ketika sedang tidak ada paparan sinar matahari terlalu terik sehingga tanaman bisa menyerap dengan baik.

Baca juga: Hindari Menyiram Banyak Air pada 7 Tanaman Ini

Selain itu, siram tanaman langsung ke bagian tanahnya jangan ke daunnya, karena akan diserap dengan baik oleh tanaman.

Hal lain yang perlu diingat adalah jumlah air yang dibutuhkan tanaman tergantung pada ukurannya.

Tanaman yang lebih kecil membutuhkan lebih banyak perhatian dan penyiraman yang lebih sering daripada tanaman yang lebih besar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman yang mendapat lebih banyak sinar matahari juga perlu lebih sering disiram. Sebagai aturan umum, jumlah air yang digunakan selalu sekitar seperempat hingga setengah volume air dalam wadah.

Baca juga: 4 Trik Menghemat Air Saat Menyiram Tanaman

Namun, jika Anda masih ragu apakah sudah cukup menyirami tanaman atau belum, rasakan tanahnya jika masih lembab, hindari penyiraman, jika sudah kering berikan air.

Berikut beberapa panduan menyiram berbagai tanaman ini. 

Sukulen

Sukulen hanya perlu disiram setiap 10 hingga 15 hari sekali, dan hindari menyiram sukulen jika tanahnya masih lembap. Selalu biarkan tanah mengering di antara penyiraman, sehingga membuatnya layu dan mati.

Philodendron

Sirami philodendron Anda saat tanah kering sedalam 2 inci. Jika tanah membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering, berarti kondisi tanah terlalu redup. Anda harus menyiramnya setiap 5 hingga 10 hari sekali.

Calathea

Sirami Calathea Anda saat tanah kering sedalam 2 inci. Jangan pernah menyiram terlalu banyak, karena tanaman ini rentan terhadap infeksi daun.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X