Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Smart TV dan Keuntungannya? Simak Penjelasannya Ini

Kompas.com - 01/03/2021, 11:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini semakin banyak orang memilih untuk memiliki smart TV sebagai sarana hiburan di rumah ketimbang TV biasa.

TV ini bisa tersambung dengan internet, sehingga Anda dapat menikmati layanan streaming film atau serial secara online. Dengan demikian, pilihan hiburan Anda sekeluarga pun semakin beragam dan sesuai selera.

Namun, apa sebenarnya smart TV dan apa keuntungannya? Dilansir dari Family Handyman, Senin (1/3/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Smart TV dan Android TV, Apa Perbedaan Keduanya?

Smart TV terhubung ke jaringan internet rumah Anda. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan streaming video dan film online, menjelajahi internet, dan melakukan aktivitas lain yang dulunya terbatas pada komputer, laptop, atau smartphone.

Smart TV memanfaatkan internet dengan cara yang sama seperti yang dilakukan ponsel atau komputer Anda.

TV ini dapat dihubungkan ke router broadband melalui kabel Ethernet atau WiFi. Menghubungkannya ke jaringan biasanya sangat mudah, semudah memasukkan nama jaringan dan kata sandi.

Setelah smart TV Anda terhubung ke internet, Anda dapat mengakses platform atau aplikasi terintegrasi yang menampilkan fitur TV. Platform akan bervariasi tergantung pada produsen perangkat.

Baca juga: Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV

Platform ini misalnya Roku, SmartCast, Netflix, Hulu, Spotify, Disney+, Amazon Prime, dan sebagainya.

Apakah Anda membutuhkan smart TV?

Sebetlnya, Anda tidak perlu smart TV untuk melakukan streaming konten online atau mengakses aplikasi lain melalui televisi Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan perangkat streaming seperti Amazon Fire TV Stick atau Roku Streaming Stick untuk melengkapi TV biasa dengan kemampuan pintar.

Namun, jika Anda sedang mencari TV baru, Anda akan menemukan bahwa banyak produk yang tersedia saat ini sebenarnya smart TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com