Kompas.com - 27/02/2021, 21:05 WIB
Ilustrasi rice cooker. SHUTTERSTOCK/DD ImagesIlustrasi rice cooker.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rice cooker atau penanak nasi, merupakan salah satu peralatan elektronik utama di ruang dapur. Hampir setiap penghuni rumah memiliki rice cooker dari berbagai merek untuk menyajikan makanan pokok.

Dengan mengandalkan rice cooker, siapapun bisa memasak nasi dengan mudah dan sempurna tanpa menghabiskan banyak waktu.

Bahkan, selain memasak nasi, beberapa jenis rice cooker juga ada yang dapat digunakan untuk menyiapkan bahan dan makanan lain.

Baca juga: Berapa Lama Nasi Boleh Didiamkan Di Dalam Rice Cooker?

Untuk bisa terus memaksimalkan manfaat dari rice cooker, setiap penggunanya perlu menyadari akan pentingnya keselamatan dan cara aman dalam menggunakan peralatan dapur satu ini.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (27/2/2021), berikut ini beberapa tips keamanan dalam menggunakan rice cooker yang harus kamu terapkan.

Tips penggunaan rice cooker yang aman

1. Baca instruksi tentang cara menggunakan rice cooker milikmu dengan benar.

2. Jangan gunakan rice cooker di dekat atau di bawah tirai, rak, lemari, atau apapun yang kemungkinan besar akan rusak karena uap yang keluar.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Panci Rice Cooker

3. Jangan terlalu mengisi panci rice cooker dengan makanan dan air.

4. Berhati-hatilah saat menuangkan makanan atau air ke dalam atau ke luar rice cooker agar kabel dan soket listrik tetap kering.

5. Banyak penanak nasi listrik modern dirancang dengan fitur penghangat, yang berarti penanak nasi dapat menyala berjam-jam untuk menjaga suhu makanan tetap optimal.

Namun, jangan pernah meninggalkan penanak nasi tanpa pengawasan untuk waktu yang lama.

6. Pastikan rice cooker dimatikan dan dicabut sebelum dibongkar dan dibersihkan. Selanjutnya, pastikan rice cooker sudah kering sebelum digunakan kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X