Kompas.com - 26/02/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah Wavebreakmedia LtdIlustrasi membersihkan rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Lantai rumah adalah salah satu permukaan yang menjadi tempat berkembang biak kuman, bakteri, dan virus.

Dengan banyaknya orang yang keluar masuk dan partikel makanan berjatuhan membuat, kuman dan teman-temannya dengan leluasa tinggal di atas lantai.

Untuk mengurangi kemungkinan masuknya mikroba berbahaya, biasakan untuk menggunakan alas kaki yang berbeda di dalam dan di luar ruangan.

Baca juga: Kenapa Lantai Lengket Setelah Dipel? Ini yang Harus Dilakukan

Untuk sepatu yang kamu pakai saat berbelanja atau untuk bekerja yang kamu simpan di lemari, rendam dalam bak kaki atau cuci dan desinfektan sebelum membawanya masuk. Untuk menambah lapisan pelindung, cuci lantai sekali seminggu, dan area dapur lebih sering dari itu.

Berikut adalah tips untuk membersihkan dan mendisinfeksi lantai berdasarkan jenisnya.

1. Kayu

Dilansir dari Real Simple, Jumat (26/2/2021), saat membersihkan lantai kayu keras, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat pelapis dari lantai kayu itu sendiri, apakah poliuretan atau lilin.

Untuk memeriksanya, cukup gosok lantai dengan jari jika ada noda, maka lantai dilapisi dengan lilin.

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Sebelum Memasang Lantai Kayu

Lantai yang diberi lilin tidak terlindungi seperti lantai dengan lapisan poliuretat, jadi jangan menyiramnya dengan air atau menggunakan kain lembab untuk membersihkannya.

Sebaliknya, Kamu harus sering menyapu dan menyedot debu. Tidak banyak desinfeksi yang dapat dilakukan pada lantai kayu yang dilapisi lilin, tetapi kamu dapat secara teratur menyemprotkan disinfektan pilihanmu di kamar untuk membantu menguranginya.

Lantai kayu berlapis poliuretan lebih umum, dan mungkin seperti yang kamu miliki di rumah sendiri. Ini berarti lantai lebih terlindungi dari cairan.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan kain lap basah atau kain pel dengan air sabun untuk membersihkannya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X