Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2021, 13:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Hewan ini dikenal ramah, penyayang, dan setia kepada pemiliknya.

Jika Anda berencana memelihara anjing, pastinya ras anjing atau jenis anjing menjadi aspek pertimbangan penting. Selain itu, aspek lainnya adalah ukuran, serta usia hidupnya.

Nah, ada beberapa jenis anjing yang memang dikenal memiliki umur yang panjang, setidaknya lebih dari 15 tahun. Beberapa pihak berpandangan, anjing yang ukurannya lebih kecil justru umurnya lebih panjang.

Baca juga: 10 Jenis Anjing yang Paling Cerdas, Pudel hingga Doberman

“Ada kecenderungan pada mamalia secara umum bahwa mamalia yang lebih kecil hidup lebih lama. Tidak ada alasan yang jelas untuk ini, mungkin ada hubungannya dengan metabolisme hewan, tetapi tampaknya juga berlaku untuk anjing," kata Catherine Lenox, DVM, seorang dokter hewan untuk Royal Canin seperti dikutip dari Reader's Digest, Minggu (21/2/2021).

Menurut Lenox, ada beberapa ras anjing yang hidup hingga 15 tahun atau bahkan lebih lama. Meski ini bukan jaminan, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anjing menjalani hidup yang paling lama dan sesehat mungkin.

“Bersikaplah proaktif tentang perawatan pencegahan (penyakit), kelola kondisi medis dengan dokter hewan sesuai kebutuhan, jaga anjing dalam kondisi tubuh normal (tidak terlalu berat dan tidak terlalu kurus), dan berikan makanan lengkap dan seimbang berkualitas tinggi tanpa terlalu banyak camilan,” ujar Lenox.

Berikut beberapa ras anjing yang umurnya panjang. 

Baca juga: Cara Aman Memandikan Anjing Menurut Dokter Hewan

1. Bichon

Tahun demi tahun, kegilaan tumbuh saat Anda tinggal dengan seekor Bichon. Bichon memiliki sifat penasaran, bersemangat, bahagia, bersemangat untuk menyenangkan, dan menyenangkan berada di sekitar Anda.

“Bichon Frises senang menjadi pusat perhatian,” kata Callie Harris, DVM, dokter hewan di Purina.

Ilustrasi anjing jenis Border Terrier. PIXABAY/JACKIELOU DL Ilustrasi anjing jenis Border Terrier.

2. Border Terrier

Jenis anjing ini menyukai alam bebas dan semua yang ada di dalamnya. Dengan kepala mirip berang-berang yang khas, anjing pemberani dan tak kenal takut ini menjalani hidup dengan maksimal.

"Border Terrier memiliki kemampuan mengejutkan untuk melompat tinggi dan berlari cepat karena ukuran kakinya, yang lebih panjang dari kebanyakan terrier kecil lainnya," tutur Harris.

Anjing memiliki masa hidup terpanjang, yakni antara 12 dan 15 tahun, bergaul dengan anjing lain dan sangat cocok untuk anak-anak.

Mereka unggul dalam pelacakan, uji ketangkasan, dan penggalian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com