Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Cara untuk Menghemat Tagihan Listrik Rumah Sepanjang Tahun

Kompas.com - 17/02/2021, 17:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski listrik sangat diperlukan untuk menunjang proses kehidupan manusia dalam segala hal, tagihan listrik yang membengkak dan mahal bisa membuat siapapun akan pusing memikirnya.

Tagihan listrik yang membengkak tiba-tiba sudah sering dialami oleh banyak orang, yang mana hal ini biasanya terjadi akibat ketidaksadaran penghuni rumah dalam menggunakan listrik secara benar.

Tentunya kamu tak ingin memiliki tagihan listrik yang mengejutkanmu setiap bulan. Oleh karena itu, mulailah melakukan langkah penghematan listrik agar menghemat keuanganmu dan tidak membuang sumber daya listrik secara percuma.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak karena AC? Ini yang Harus Dilakukan

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (17/2/2021), berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk menghemat tagihan listrik rumahmu sepanjang tahun.

1. Keringkan piring secara alami

Lain kali saat kamu mencuci piring, alih-alih menaruhnya di mesin pencuci piring, biarkan mengering secara alami di udara. Atau kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan selembar kain.

2. Jalankan mesin cuci atau mesin pencuci piring dengan beban penuh

Menjalankan mesin pencuci piring atau mesin cuci dengan beban minimal meningkatkan frekuensi penggunaan dan juga menghabiskan banyak listrik.

Cobalah untuk menjalankan mesin ini saat muatan penuh untuk memanfaatkannya demi keuntunganmu.

Baca juga: 7 Tanda Masalah Listrik di Rumah yang Sering Tidak Disadari

3. Matikan peralatan jika tidak digunakan

Seseorang terkadang membiarkan peralatan elektroniknya tercolok ke dalam stopkontak. Dengan cara ini mereka menarik listrik bahkan saat mereka menggunakannya.

Sambungkan peralatan ini ke soket ekstensi atau papan ekstensi dan jika kamu tidak menggunakannya, matikan soket ekstensi secara langsung. Kamu juga dapat mencabutnya untuk memastikan tidak ada kehilangan listrik sekunder.

4. Gunakan lampu LED

Lampu LED dan CFL dikenal luas karena efisiensi penghematan energinya. Gunakan jenis lampu ini dan ganti lampu pijar lamamu.

Lampu LED tidak hanya bersinar terang dan dapat bertahan lama, tetapi juga dapat membantumu menghemat tagihan listrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com