Kompas.com - 09/02/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi cat dinding yang mengelupas. PIXABAY/MARSHALL REYHERIlustrasi cat dinding yang mengelupas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat merupakan komponen terpenting pada sebuah bangunan untuk membuat tampilannya menjadi lebih berwarna dan menarik secara visual.

Namun, cat dinding yang mengelupas merupakan salah satu permasalahan bangunan yang bisa terjadi pada rumah manapun.

Cat yang mengelupas secara signifikan menurunkan daya tarik pada sebuah bangunan. Saat cat mengelupas, itu bisa mengubah rumah yang indah menjadi bangunan yang membusuk dan menjadi kekacauan yang tidak sehat.

Baca juga: Trik Membuat Ruangan Lebih Terang Tanpa Cat Ulang

Selain merusak tampilan rumah, pengelupasan cat yang terjadi pada dinding atau langit-langit interior juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi penghuninya.

Setelah mengaplikasikan lapisan cat baru pada sebuah bangunan, cat bisa mulai mengelupas beberapa hari hingga beberapa tahun setelahnya.

Lantas, apa penyebab cat dinding jadi mengelupas? Apakah cara pengaplikasian yang salah? Atau cara perawatannya yang tidak sesuai?

Dilansir dari Den Garden, Selasa (9/2/2021), cat yang mengelupas, retak, atau menggelembung terjadi jika ada kehilangan adhesi antara cat dan permukaan tempat cat tersebut diletakkan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Dinding Sesuai Jenis Cat

Hilangnya adhesi ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Berikut ini penyebab umum cat mengelupas, retak, atau menggelembung.

1. Permukaan cat terkena banyak air

Air adalah penyebab utama cat mengelupas di dinding dan langit-langit kamar mandi, serta di dinding eksterior. Air bisa berasal dari atap yang bocor, talang air, kerlip, atau soffit.

Ketika air menembus lapisan cat, hal itu menyebabkan lapisan-lapisan tersebut terpisah dan terlepas dari permukaan. Ini menghasilkan tonjolan, retak, dan akhirnya, mengelupas.

2. Dinding atau plafon berada di lingkungan dengan kelembaban tinggi dan kondensasi berlebihan

Pada bangunan dengan ventilasi buruk, kedua faktor ini menjadi penyebab utama cat terkelupas. Kelembaban tinggi menyebabkan penumpukan kelembaban di dinding, yang menyebabkan lapisan menggembung dan mengelupas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X