Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membersihkan Kerak pada Peralatan Kamar Mandi

Kompas.com - 08/02/2021, 10:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Endapan kotoran sabun yang menumpuk membuat peralatan kamar mandi menjadi berkerak dan sulit dibersihkan.

Beberapa endapan ini seringkali berada di keran wastafel, pancuran, toilet, lantai dan beberapa peralatan kamar mandi lainnya.

Dilansir dari Good Housekeeping, Senin (8/2/2021), ada beberapa cara alami yang dapat menghilangkan kerak sebagai berikut.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Kerak dan Jamur di Cermin Kamar Mandi

Lemon dan cuka

Ada banyak produk penghilang kerak kapur bermerek di toko, tetapi kerak kapur juga dapat dengan mudah dihilangkan dengan merendam dalam jus lemon atau cuka putih biasa. Selain itu, cara ini juga akan lebih menghemat uang Anda dan menjadi lebih ramah lingkungan.

Selanjutnya, siapkan botol semprot yang berisi setengah cuka dan setengah air, dan gunakan secara teratur pada lantai, bak mandi, dan keran untuk mencegah kerak. Selalu bilas bersih dengan air biasa setelahnya.

Untuk timbunan kerak, rendam handuk atau kain dalam larutan cuka dan bungkus di sekitar keran, lalu biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Anda mungkin perlu menggosok sedikit untuk menghilangkan semua residu.

Trik lainnya adalah dengan membelah dua buah lemon, memeras airnya, dan meletakkan separuh lemon tersebut ke dalam keran. Kemudian rendam kain dalam jus lemon dan balut sisa keran.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Renovasi Kamar Mandi, Ventilasi hingga Keramik

Pancuran

Cobalah merendam pancuran semalaman dalam larutan setengah air dan setengah cuka putih. Bilas dengan air biasa setelah direndam dan gunakan jarum untuk menusuk sisa kerak keluar dari lubangnya.

Toilet dan keramik

Endapan kerak pada permukaan datar, seperti keramik kamar mandi, umumnya lebih mudah dihilangkan. Isi semprotan botol air dengan setengah air dan setengah larutan cuka putih, semprotkan dan biarkan selama beberapa menit sebelum digosok.

Pada toilet, coba bersihkan endapan kerak yang sangat berat dengan menggosok lembut menggunakan sikat gigi bekas atau untuk kerak yang sangat keras dan bertatahkan, coba gunakan batu apung dengan lembut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com