Kompas.com - 07/02/2021, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman hias melejit pada tahun 2020 sebagai dampak pandemi virus corona. Karena diimbau untuk beraktivitas di rumah, masyarakat memiliki waktu untuk melakoni hobi, termasuk merawat tanaman hias.

Tren tanaman hias pun diyakini masih bertahan pada tahun ini. Dengan demikian, Anda yang baru akan mulai merawat tanaman hias, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Menurut Darryl Cheng, pegiat tanaman hias dan penulis buku The New Plant Parent: Develop Your Green Thumb and Care for Your House-Plant Family seperti dikutip dari Allure, Minggu (7/2/2021), menjelaskan tiga hal penting dalam perawatan tanaman hias.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Diyakini Membawa Hoki Tahun Ini

"Pahami kondisi lingkungan Anda dan sejauh mana Anda dapat mengontrol hal-hal itu, berusahalah sebaik mungkin untuk secara aktif terlibat dalam perawatan, dan biarkan alam melakukan hal yang harus dilakukannya," terang Cheng.

Dalam merawat tanaman hias indoor alias tanaman hias di dalam ruangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah luangkan waktu untuk memikirkan rumah. Ini termasuk suhu di dalam rumah.

Apakah suhunya relatif stabil? Sebagian besar tanaman akan menderita jika suhu turun di bawah 15,5 derajat celsius, jadi pindahkan ke sisi lain di rumah Anda yang lebih hangat.

Apakah udara lembab atau kering? Sebagian besar tanaman hias baik-baik saja dalam kisaran kelembaban 40 hingga 70 persen, jadi Anda mungkin ingin tetap menggunakan tanaman seperti kaktus dan sukulen, atau berinvestasi dalam humidifier jika Anda tinggal di iklim yang jauh lebih kering dari itu.

Baca juga: 10 Pilihan Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah Saat Tahun Baru Imlek

Namun, faktor terpenting adalah paparan sinar matahari. Cheng menyebut, banyak orang berpandangan kelebihan penyiraman adalah pembunuh nomor satu tanaman hias.

"Tapi sebenarnya, menurut saya pembunuh nomor satu adalah tanaman Anda tidak ada di depan jendela," imbuhnya.

Terlibat secara aktif dengan perawatan tidak berarti Anda harus memesan banyak alat atau secara obsesif menyiram tanaman. Namun, lakukan yang terbaik untuk menafsirkan kebutuhan tanaman, yang meliputi pemupukan, penggantian pot, dan penyiraman.

Berikut ini beberapa tanaman hias indoor yang mudah dirawat dan cocok bagi pemula.

Halaman:
Sumber allure


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.