Kompas.com - 06/02/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi retakan pada dinding. PIXABAY/NEYPOMUK-STUDIOSIlustrasi retakan pada dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding di beberapa rumah, dapat mengalami keretakan, biasanya retakan ini merambat di sekitar kusen pintu atau di dinding kosong. Perpecahan garis halus ini sebenarnya normal didapati di dinding dan bisa diperbaiki dengan cat.

Dilansir dari Livspace, Sabtu (6/2/2021), jika Anda melihat retakan di sekitar jendela dan pintu, biasanya ini adalah retakan garis rambut. Ini biasanya tidak menjadi perhatian dan sangat umum di rumah.

Tetapi jika retakan terus berkembang, inilah saatnya melibatkan para profesional. Dalam beberapa kasus, ini bisa menjadi pertanda adanya masalah struktural.

 

Baca juga: Ubin untuk Lantai dan Ubin Dinding, Apa Bedanya?

Perhatikan retakan yang menganga, retakan horizontal, kuku lepas, dan perubahan warna di sekitar tepi retakan. Jika retakan tampak menganga, sangat tidak biasa atau uratnya meluas, itu bisa menjadi kerusakan struktural.

Aturan praktisnya adalah ini bisa menjadi masalah struktural jika lebarnya lebih dari 20 cm, dan harus segera diperbaiki. 

Terpapar Kelembaban

Namun, berbeda dengan retak rambut atau halus, para ahli menyebut munculnya retakan di rumah baru hal yang biasa. Dinding rumah yang baru dibangun dapat mengandung tingkat kelembapan yang tinggi dan ini dapat menyebabkan munculnya retakan tipis.

Ini juga dapat terbentuk perlahan selama periode waktu tertentu karena rumah telah terpapar pada tingkat kelembaban dan suhu yang berbeda. Selain kerusakan alami rumah, retakan juga bisa disebabkan oleh pekerjaan cat yang buruk.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Wallpaper Dinding Ruang Tamu

Penyebab lainnya mungkin kebocoran air tersembunyi yang menyebabkan dinding Anda rusak.

Namun, tahukah Anda selain dengan cara mengecat, retakan halus ini bisa diatasi dengan beberapa hal untuk menutupinya secara sementara, seperti memanfaatkan berbagai benda berikut ini. 

Wallpaper

Wallpaper terkenal sempurna untuk menyembunyikan retakan dan cat yang terkelupas. Pilih warna halus atau pastel jika Anda ingin menciptakan suasana santai.

Warna-warna berani dan wallpaper berpola geometris berfungsi jika Anda ingin membuat ruangan lebih jelas.

Halaman:


Sumber Livespace
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X