Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membuat Ruangan Lebih Terang Tanpa Cat Ulang

Kompas.com - 03/02/2021, 16:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat ruangan yang gelap menjadi lebih terang bisa dilakukan dengan mengganti warna cat pada dinding. Namun, cara ini lebih memakan waktu dan biaya yang banyak sehingga tidak efisien.

Dilansir dari Home Guides, Rabu (3/1/2021), untuk menciptakan efek terang tanpa mengecat, berfokuslah pada dekorasi ruangan, furnitur, dan pencahayaan.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan waktu dan biaya yang lebih banyak untuk mengecat ruangan.

Baca juga: Ide Ramah Anggaran dan Inovatif untuk Merombak Ruangan di Rumah

Pencahayaan

Hindari menggunakan gorden atau tirai yang tebal agar lebih banyak cahaya alami yang masuk. Sebagai gantinya, pilih tirai atau kerai yang bisa dibuka dengan mudah tanpa menghalangi sinar matahari masuk.

Gunakan campuran lampu aksen yang ditargetkan untuk memproyeksikan cahaya tambahan ke seluruh ruangan.

Gunakan lampu downlight untuk memberikan cahaya dalam ruangan yang gelap. Pilih penutup bening daripada warna peredam cahaya.

Bola lampu fluoresen atau neon kompak hemat energi, sedangkan bola lampu halogen memberikan cahaya terang dan terarah yang bekerja dengan baik untuk penerangan ruangan.

Bereksperimenlah dengan intensitas bohlam untuk menemukan keseimbangan yang menerangi ruangan tanpa membuatnya terasa dingin atau kaku.

Baca juga: Cara Memadukan Tanaman Hias Bunga di Dalam Ruangan

Kaca dan Cermin

Kaca dan cermin dapat memantulkan cahaya, menerangi sudut gelap dan membuat ruangan terasa terang dan lapang. Tempatkan cermin besar di sebrang jendela. Tambahkan perlengkapan lampu, bingkai foto, dan pernak-pernik emas atau perak.

Pilih meja, kursi dan barang lain yang memiliki sentuhan akhir yang sangat mengkilap. Meja berlapis kaca memberikan refleksi tambahan tetapi tidak aman di kamar tempat bermain anak-anak.

Furnitur

Gantilah furnitur berat dan gelap dengan barang-barang ringan. Furnitur anyaman, potongan shabby-chic, dan warna kayu ringan membuat ruangan terasa lebih cerah. Hindari warna-warna hangat, yang menyerap cahaya dan membuat ruangan terasa lebih tertutup.

Periksa penempatan furnitur yang lebih besar, yang dapat menghalangi cahaya alami. Pindahkan furnitur di sekitar untuk memungkinkan cahaya mengalir dengan bebas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com