Kompas.com - 03/02/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEKIlustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin merupakan sebuah bagian dari material bahan bangunan yang biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang.

Ubin merupakan potongan yang diproduksi dari bahan tahan pakai yang keras seperti keramik, batu, logam, tanah liat yang dibakar, atau bahkan kaca, yang pada umumnya digunakan untuk menutupi atau melapisi atap, lantai, dinding, atau benda lain seperti permukaan meja.

Terkait ubin dinding dan ubin lantai, banyak orang percaya bahwa perbedaan utama kedua ubin tersebut adalah ukurannya.

Baca juga: Catat, Ini Cara Menjaga Ubin Lantai Tetap Berkilau

Ada juga kepercayaan luas bahwa ubin porselen dimaksudkan untuk lantai sementara ubin keramik digunakan untuk dinding. Ternyata, tidak satu pun dari pernyataan itu benar.

Jadi, bisakah kamu menggunakan ubin yang sama di lantai dan dinding? Sayangnya, jawabannya tidak sesederhana yang kamu bayangkan.

Ketika berbicara tentang ubin dinding VS ubin lantai, perbedaan antara keduanya jauh lebih berbeda daripada dimensi dan penampilannya.

Tentu saja, inovasi dalam tren desain dan kemajuan teknologi mungkin telah mengaburkan garis antara kedua jenis ubin ini sampai batas tertentu, sehingga sedikit membingungkan bagi dekorator pemula dan pemilik rumah untuk memilih opsi ubin yang tepat untuk rumah mereka.

Baca juga: Pintu Menggores Lantai? Begini Cara Memperbaikinya

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan utama antara ubin lantai dengan ubin dinding, dilansir dari Zameen, Rabu (3/2/2021). 

Ubin lantai Vs ubin dinding, apa bedanya?

Inilah beberapa perbedaan utama antara ubin lantai dan dinding yang harus kamu ketahui agar bisa menilai keduanya dengan benar.

1. Tampilan ubin

Ubin lantai dan dinding memiliki beragam desain, warna, bentuk, dan ukuran. Itu berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya kecuali salah satunya secara gaya lebih kecil dan lebih tipis dari yang lain.

Umumnya ubin lantai berukuran lebih besar dan lebih tebal sedangkan ubin dinding relatif kecil dan ringan. Hal ini tidak hanya membuat pemasangannya lebih mudah, tetapi juga berpengaruh pada estetika rumahmu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X