Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/08/2022, 14:13 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jenis pupuk yang laris di pasaran untuk kegiatan berkebun dan pertanian adalah pupuk NPK 16-16-16 yang terdiri dari beberapa merek, seperti Pak Tani, Mutiara, dan sebagainya.

Pupuk NPK-16-16-16 adalah pupuk dengan kandungan unsur hara yang seimbang, yakni 16 persen Nitrogen, 16 persen Phospor, dan 16 persen Kalium.

Pemberian pupuk NPK 16-16-16 untuk tanaman dapat dilakukan dengan dua cara, yakni bisa ditaburkan langsung ke media tanam tanaman atau dilarutkan dengan air terlebih dahulu lalu disiramkan ke media tanam.

Baca juga: Cara Menyimpan Pupuk Tanaman agar Kandungan Nutrisinya Tidak Hilang

Ilustrasi pupuk NPK. SHUTTERSTOCK/CRINIGER KOLIO Ilustrasi pupuk NPK.

Terkait pemberian pupuk NPK 16-16-16 dengan cara dilarutkan, tidak sedikit orang masih ada yang merasa bingung mengenai takaran atau dosis yang sesuai.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas cara melarutkan pupuk NPK dengan takaran yang tepat, seperti yang dilihat dari kanal Youtube Channel Zamroni, yang diperbarui pada Sabtu (20/8/2022). 

Pemberian pupuk NPK 16-16-16 untuk tanaman tidak bisa sembarangan dan harus sangat berhati-hati. Sebab, apabila berlebihan atau over dosis, tanaman justru malah menjadi rusak hingga mati.

Hakikatnya pemberian pupuk NPK 16-16-16 juga tidak baik jika diberikan terus menerus. Jangka waktu pemberiannya adalah dua minggu sekali.

Baca juga: Pemberian Pupuk NPK, Lebih Baik Ditabur atau Dilarutkan?

Selain itu, pupuk ini juga tidak boleh dijadikan pupuk tunggal untuk tanaman, karena pemberian pupuk kimia tidak boleh terlalu banyak.

Oleh karena itu, pemberian pupuk NPK 16-16-16 untuk setiap jenis tanaman juga harus diselingi dengan pemberian pupuk organik lainnya.

Terkait cara melarutkan pupuk NPK 16-16-16, hal ini sebenarnya sangat mudah, yakni hanya melarutkannya ke dalam wadah berisi air dan diaduk sampai tercampur merata. Pastikan pupuk NPK nya benar-benar larut tanpa tersisa butirannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com