Kompas.com - 02/02/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi membersihkan jendela. SHUTTERSTOCK/SYDA PRODUCTIONSIlustrasi membersihkan jendela.

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah karena ketidaktahuan atau memang tidak peduli, terdapat beberapa pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan seseorang justru berlawanan dengan hasil yang diharapkan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa kebiasaan dalam pekerjaan rumah tangga yang dirasa baik-baik saja, akan tetapi sebenarnya pekerjaan itu buruk.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (2/2/2021), berikut ini 10 kebiasaan buruk rumah tangga yang harus kamu hentikan sekarang juga.

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal dengan Benar Sesuai Bahannya

1. Mencuci talenan dengan sabun

Baik kamu sedang mengiris sayuran, buah, atau daging di talenan, tidak perlu khawatir jika kamu perlu mencucinya. Tetapi bertentangan dengan apa yang mungkin kamu pikirkan, menggosoknya dengan air sabun bukanlah jawabannya.

Rendam papan talenan milikmu dalam pemutih setelah digunakan (atau setidaknya papan yang digunakan untuk makanan seperti daging mentah yang mengandung bakteri berbahaya), untuk mensterilkannya dengan benar dan menghindari transfer bakteri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Membersihkan permukaan dengan lap kering

Simpan saja kemoceng atau apapun yang menyerupai itu, terutama kain lap kering. Meski membersihkan debu menggunakan kemoceng atau lap kering dari berbagai permukaan benda dapat membuatnya tampak bersih, debu tersebut tidak hilang begitu saja di udara.

Semua bersin yang kamu dapatkan saat membersihkan debu adalah hasil dari partikel kecil yang beterbangan di tempat lain, seperti meja, permadani, dan lain-lain.

Baca juga: Catat, Ini Panduan Membersihkan Setrika Uap

Cara terbaik membersihkan segala macam permukaan benda yang terdapat debu adalah dengan membasahi kain lap, yang akan lebih efektif mengangkat debu.

3. Tidak pernah mencuci bantal

Kapan kamu pernah membersihkan bantal yang dipakai sudah begitu lama? Tidak sedikit orang membiarkan bantal mereka tidak dicuci, yang dicuci hanya sarung bantalnya saja.

Jangan pernah berpikir kalau hanya sarung bantal saja yang perlu kamu bersihkan. Bantalmu dapat terkena tungau debu, keringat dan minyak tubuh, dan bakteri dari air liurmu, oleh karena itu kamu harus memasukkannya ke dalam mesin cuci setiap 3 hingga 6 bulan sekali.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.