Kompas.com - 22/01/2021, 12:54 WIB
Ilustrasi kucing menggigit kaki SHUTTERSTOCK/CHOMPHUPHUCHARIlustrasi kucing menggigit kaki

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara kucing pasti tahu bahwa kucing bisa menggigit kapan saja. Beberapa kucing atau anak kucing kerap menggigit pemiliknya atau orang-orang di sekitarnya.

Gigitan kucing pun beragam, mulai dari gigitan dengan penuh kasih sayang hingga gigitan agresif yang menyebabkan luka. Namun, penyebab kucing menggigit seringkali membuat kita bingung.

Meskipun tampaknya kucing menggigit tanpa alasan tertentu, selalu ada alasan di baliknya. Bisa saja kucing menggigit untuk memperoleh perhatian, sedang merasa sakit, merasa bahagia, atau sebab lainnya. 

Baca juga: Mengapa Mata Kucing Berair? Ini Penyebabnya

Nah, kenapa kucing menggigit? Dilansir dari Pet Helpful, Jumat (22/1/2021), berikut beberapa penyebabnya.

1. Masalah kesehatan

Beberapa kucing mungkin rewel dan kesakitan karena kondisi medis yang dialaminya. Ini terutama berlaku untuk kucing yang lebih tua dan hal yang sama berlaku untuk anjing.

Saat hewan sakit, mereka akan bersikap defensif. Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka mencoba menggigit Anda ketika Anda mendekati mulutnya atau mencoba menyentuhnya di bagian tubuh yang menyakitkan.

Seperti biasa, saat hewan merasa tidak nyaman, jangan tangani mereka dengan kasar. Sebaliknya, Anda dapat membiarkan kucing datang kepada Anda, mungkin dia hanya ingin duduk di pangkuan Anda.

Baca juga: Kenapa Kucing Muntah? Ini 10 Penyebabnya

Jika hewan peliharaan Anda sakit, hubungi dokter hewan dan berikan pereda nyeri dengan cepat. Nyeri kronis mempersingkat harapan hidup dalam beberapa kasus karena peradangan kronis dan berdampak pada kualitas hidup.

2.Stimulasi berlebihan

Beberapa kucing hanya ingin memberi tahu Anda kapan waktunya untuk berhenti berinteraksi dan meninggalkannya sendirian. Bayangkan jika Anda tinggal di rumah dengan spesies lain selalu mendatangi dan membangunkan Anda dari tidur siang sambil membelai Anda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X