Kompas.com - 22/01/2021, 08:38 WIB
Ilustrasi kucing jenis Siamese. PIXABAY/WEBANDIIlustrasi kucing jenis Siamese.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya perawatan bulu, namun memerhatikan bagian tubuh lainnya pada hewan peliharaan seperti kucing juga diperlukan.

Sebab, kucing akan memberikan tanda-tanda jika tubuhnya tidak sehat salah satunya mengeluarkan cairan dari matanya. Lapisan pada mata kucing berfungsi untuk melindungi matanya dari segala jenis bakteri.

Dilansir dari Pink Villa, Jumat (22/1/2021), lapisan tersebut menghilangkan kotoran dari mata, membunuh bakteri, menjaga kelembaban, dan memberikan nutrisi. Namun, jika ada kotoran encer dari mata kucing, mengartikan mereka sedang dalam keadaan tidak sehat.

Baca juga: Kenapa Kucing Muntah? Ini 10 Penyebabnya

Umumnya ini disebabkan oleh beberapa masalah kecil yang dapat mudah diselesaikan, namun jika hal ini sering terjadi akan terus mengganggu kucing.

Selain itu, mata kucing berair juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut. 

Tanda-tanda konjungtivitis

Jika jaringan di sekitar mata kucing Anda meradang dan merah bersamaan dengan keluarnya cairan encer, ada kemungkinan terkena konjungtivitis, yang juga dikenal sebagai pinkeye.

Ini adalah salah satu masalah paling umum dan menular pada kucing yang akan terjadi setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Baca juga: Kiat Membawa Kucing Bepergian dengan Mobil

Hal ini dapat disebabkan oleh alergi, infeksi, debu, atau virus herpes kucing. Pinkeye yang disebabkan herpes perlu diobati dengan antibiotik atau obat antivirus, dan terkadang, bisa sembuh tanpa pengobatan apa pun.

Tanda-tanda infeksi

Jika kotorannya lengket atau berwarna kuning maka kemungkinan kucing Anda terkena infeksi. Jika ada lendir bening, maka itu adalah virus dan dokter biasanya akan menghilang selama satu minggu.

Bila lendir berwarna hijau atau kuning, maka itu adalah infeksi bakteri yang perlu diobati dengan obat tetes mata atau salep antibiotik.

Tanda-tanda alergi

Kucing bisa alergi terhadap apa saja seperti debu, obat-obatan, jamur, produk pembasmi kutu, produk pembersih, parfum, dan lain-lain.

 



Sumber Pink Villa
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X