Kompas.com - 12/01/2021, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu menikmati buah jeruk, jangan lagi membuang kulitnya karena kamu bisa menggunakannya untuk banyak hal di sekitar rumah.

Kulit jeruk dapat dicelupkan ke dalam teh untuk memberikan rasa yang spesial. Selain itu, kamu dapat menggunakan kulit jeruk sebagai scrub wajah atau untuk menghilangkan noda tidak sedap dari kompor.

Karena menguarkan aroma yang kuat, kulit jeruk paling baik digunakan untuk memberikan aroma khusus pada rumahmu.

Baca juga: Manfaat Teh Celup Bekas, Bersihkan Karpet hingga Hilangkan Bau Kulkas

Simpan kulit jeruk selama seminggu, tambahkan minyak jeruk alami ke dalamnya, tara semprotan rumahmu sudah siap.

Jika kamu ingin menggunakan kulit jeruk, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyimpannya di dalam toples kedap udara.

Ini akan menjaganya agar tidak menjadi kering. Saat menyimpan kulitnya, pastikan untuk menambahkan sedikit minyak jeruk alami agar kulitnya tidak layu.

Ketiga, saat menyimpan kulit jeruk untuk digunakan di rumah, kamu harus memastikan bahwa kulit jeruk tidak terinfeksi.

Baca juga: 5 Manfaat Gula, Bersihkan Noda pada Pakaian hingga Hilangkan Bau


Dengan mengingat tips di atas, berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan kulit jeruk, dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (12/1/2021).

1. Gunakan untuk bak mandi

Mandi dengan air kulit jeruk yang dibenamkan di bak mandi akan membantu menghilangkan bau badan. Bagian terbaiknya adalah membantu menjaga bak mandimu tetap bersih dan berkilau.

2. Penyegar laci

Penyegar laci sekarang dapat diganti dengan kulit jeruk segar. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan beberapa kulit jeruk di laci.

Tapi, pastikan kamu mengeluarkan kulit jeruk saat sudah kering, karena itu akan menarik serangga kecil.

3. Gunakan sebagai pembersih

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan dengan kulit jeruk adalah menggunakannya sebagai bahan pembersih. Hal terbaik adalah membersihkan gelas dan peralatan baja.

Baca juga: 7 Manfaat Cola, Bisa Jadi Pembersih hingga Pupuk Tanaman

4. Pengusir kucing liar

Kucing tidak menyukai bau jeruk atau lemon, sehingga menempatkannya di dekat pagar, pintu dan ambang jendela akan menjauhkannya dari rumahmu.

5. Pengusir serangga

Serangga terlalu membenci bau kulit jeruk karena menyengat. Apabila kamu meletakkan tanaman dalam ruangan, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk. Tempatkan kulit jeruk di pot tanaman untuk mencegah serangga masuk.

6. Kompos

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan dengan kulit jeruk adalah menggunakannya sebagai kompos. Kandungan asam yang ada dalam jeruk akan membantu memberikan pupuk kandang yang baik untuk tanamanmu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.