Kompas.com - 07/01/2021, 07:36 WIB
Ilustrasi keluarga menghabiskan waktu di rumah. ShutterstockIlustrasi keluarga menghabiskan waktu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang nyaman dan sejuk merupakan dambaan setiap orang. Namun, tak bisa dipungkiri, jika saat cuaca sedang terik, di dalam rumah pun menjadi lebih panas daripada biasanya.

Padahal saat ini kegiatan banyak dilakukan di dalam rumah. Namun, untuk memberikan kesejukan di dalam rumah, harus ada biaya tambahan yang harus dibayar.

Lantas, bagaimana caranya agar membuat rumah lebih sejuk namun tetap bisa berhemat? Berikut cara membuat rumah menjadi sejuk dengan cara hemat yang dilansir dari Homes to Love, Kamis (7/1/2021). 

Baca juga: 5 Cara agar Tagihan Listrik Tak Membengkak Saat Liburan Akhir Tahun

1. Gunakan AC dengan bijak

Saat cuaca sangat panas di luar ruangan, menyalakan AC merupakan salah satu cara untuk memberikan udarayang sejuk. Namun, ada beberapa cara agar penggunaan AC ini lebih efisien, yakni dengan cara menutup pintu agar AC dapat bekerja secara optimal.

Cara ini juga membuat AC tidak bekerja keras dan menghasilkan listrik yang membengkak. Nyalakan AC pada temperatur 23 dan 26 derajat celcius.

Pun yang harus diperhatikan adalah setiap derajat pendinginan ekstra dapat menambah biaya listrik.

Selain itu, membersihkan secara teratur juga dapat membantu mengurangi tagihan listrik hingga 30 persen.

Baca juga: Kenapa AC Butuh Waktu yang Lama untuk Dingin? Ini Penyebabnya

2. Gunakan linen berbahan sejuk

Cara selanjutnya adalah menggunakan seprai dan selimut yang memiliki bahan sejuk serta tidak panas seperti katun yang mudah menyerap serta nyaman.

3. Gunakan kipas angin gantung

Kipas yang diletakkan di langit-langit bisa sangat efektif menghilangkan panas ketika cuaca sedang terik.

Efek pendinginannya yang dirasakan bisa mencapai 6 derajat celcius. Selain itu, untuk harga dan energi, kipas ini pun lebih terjangkau.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X