Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini Kesalahan dalam Penggunaan Produk Pembersih Rumah

Kompas.com - 06/01/2021, 19:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal produk pembersih rumah, Anda tidak bisa menggunakan satu produk untuk membersihkan banyak hal. Meskipun bisa, namun hasilnya bisa buruk, misalnya terjadi kerusakan atau goresan.

Tidak hanya itu, salah menggunakan produk pembersih rumah juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan anggota keluarga. Oleh sebab itu, gunakan produk pembersih rumah sebagaimana mestinya.

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (6/1/2021), berikut sejumlah kesalahan dalam penggunaan produk pembersih rumah sehari-hari.

Baca juga: Apakah Produk Pembersih Rumah Kedaluwarsa? Ini Penjelasan Lengkapnya

1. Pemutih dan amonia

Kesalahan terbesar dan paling umum yang dapat Anda lakukan dengan kedua produk pembersih ini adalah tidak menggunakannya di ruangan yang berventilasi baik.

"Mereka menghasilkan asap atau bau yang dapat mengiritasi sistem pernapasan Anda, menyebabkan sakit kepala, dan menyebabkan alergi," kata Dave Cusick, direktur strategi House Method.

“Itulah mengapa penting untuk menjaga pintu dan jendela tetap terbuka saat membersihkan dan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya ini di ruang tertutup," imbuh Cusick.

Selain itu, mencampurkan pemutih dan amonia dapat menimbulkan konsekuensi yang berbahaya dan berakibat fatal.

Baca juga: 10 Manfaat Pemutih, Bersihkan Mainan hingga Noda Kopi pada Cangkir

“Campuran tersebut bisa menghasilkan gas yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan kronis, bahkan bisa berakibat fatal. Selalu baca petunjuk penggunaan dalam kemasan untuk menghindari kecelakaan," terang Cusick.

Kesalahan lainnya adalah menggunakan pemutih untuk membersihkan benda yang seharusnya tidak dibersihkan dengan produk tersebut.

“Banyak orang mengira pemutih bisa digunakan pada segala hal di kamar mandi. Itu tidak benar. (Pemutih) korosif terhadap logam. Ini berarti keran logam, pancuran, pegangan, dan lainnya tidak akan berfungsi baik dengan pemutih," papar James Scott, salah satu pendiri Dappir, layanan kebersihan dan tata graha di Miami.

2. Pembersih serbaguna

Menggunakan satu produk pembersih untuk semua kebutuhan pembersihan dapat menyebabkan masalah besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com