Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2021, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenapa kucing mengeong? Ada beragam alasan kucing mengeong, namun alasannya berubah seiring bertambahnya usia kucing.

Anak kucing biasanya mengeong ke induknya ketika lapar, kedinginan, atau takut. Akan tetapi, ketika kucing bertambah dewasa, mereka menggunakan suaranya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Adapun mengeong biasanya dilakukan kucing untuk berkomunikasi dengan manusia. Frekuensi mengeong kucing bervariasi, bergantung pada jenis kucing.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Infeksi Telinga pada Kucing

Kucing ras oriental, seperti misalnya kucing Siamese, dikenal sebagai kucing yang cerewet alias senang mengeong. Jadi, untuk Anda yang tak suka kucing yang cerewet, hindari memelihara kucing jenis ini.

Namun demikian, bagaimana jika kucing terus-menerus mengeong? Apakah kondisi tersebut normal?

Dilansir dari WebMD, Minggu (3/1/2021), berikut beberapa penyebab kucing mengeong terus.

1. Penyakit

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan menyeluruh oleh dokter hewan. Berbagai penyakit dapat menyebabkan kucing merasa lapar, haus, atau nyeri, yang semuanya dapat menyebabkan mengeong yang berlebihan.

Baca juga: Kucing Menggaruk hingga Bulu Rontok? Ini Penyebabnya

Kucing segala usia juga dapat mengembangkan penyakit tiroid atau ginjal yang terlalu aktif, yang keduanya dapat menyebabkan vokalisasi yang berlebihan.

2. Mencari perhatian

Sebenarnya, kucing tidak suka sendirian. Kucing sering mengeong untuk memulai permainan, mengelus, atau mengajak Anda berbicara dengannya.

Jika Anda ingin mengurangi kucing mengeong unthk mencari perhatian, berhentilah merespons saat itu terjadi. Beri perhatian hanya saat mereka diam.

Jika mereka mulai mengeong lagi, lihat atau tinggalkan. Tapi jangan abaikan hewan peliharaan Anda. Habiskan waktu berkualitas setiap hari bersama mereka, bermain, merawat diri, dan berbicara dengan mereka.

Hewan peliharaan yang lelah adalah hewan peliharaan yang lebih pendiam.

3. Mau makan

Beberapa kucing mengeong setiap kali seseorang berjalan di dapur, berharap mendapat gigitan. Banyak kucing menjadi sangat vokal saat mendekati waktu makan mereka.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com