Kompas.com - 29/12/2020, 13:19 WIB
Ilustrasi tanaman hias Colocasia atau kuping gajah. SHUTTERSTOCK/ANGIEYEOHIlustrasi tanaman hias Colocasia atau kuping gajah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman akan menunjukkan tanda-tanda jika mereka tidak dalam keadaan baik dan sehat. Tanda-tanda yang ditunjukkan beragam mulai dari daun menjadi layu, tepi daun menjadi kuning, atau kecokelatan, bahkan rontok.

Seperti yang dialami oleh tanaman Colocasia berdaun besar atau kuping gajah yang akan menunjukkan tepi daunnya berwarna cokelat ketika terdapat masalah pada dirinya.

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (29/12/2020), hal ini merupakan keluhan umum yang sering terjadi ketika tanaman kuping gajah terjangkit penyakit.

Baca juga: Ingin Merawat Tanaman Kuping Gajah? Perhatikan Hal Ini

Tanaman telinga gajah adalah tanaman tropis yang membutuhkan kelembapan, dan sinar matahari yang cerah namun tidak secara langsung. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan yang bersuhu hangat.

Meskipun dapat hidup dengan baik di tempat teduh, eksposur terbaik adalah di mana ada perlindungan dari sinar matahari yang paling panas.

Berbagai penyebab daun kecokelatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab yang paling umum tanaman kuping gajah mengalami kecokelatan di tepi daunnya adalah terbakar karena paparan sinar matahari yang tinggi.

Sebenarnya hal ini tidak mematikan namun memengaruhi penampilan dedaunannya yng merupakan titik fokus tanaman hias. Untuk mencegahnya, letakkan tanaman kuping gajah di tempat terang namun tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

 

Baca juga: Simak, Begini Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias

Cara lainnya adalah dengan memindahkan ketika cahaya matahari sedang panas, sehingga tanaman tidak akan hangus terpapar sinar matahari terlalu banyak.

Alasan lainnya mengapa tepi daun kuping gajah mengalami kecokelatan adalah kesalahan dalam menanam atau perawatannya. Tanaman kuping gajah membutuhkan banyak air dan jika pasokan air kurang akan menyebabkan kekeringan dan ditandai dengan keringnya di bagian daun.

Selain itu, tanaman kuping gajah juga rentan terhadap suhu dingin. Untuk mencegahnya, ketika suhu dingin pindahkan ke dalam ruangan agar tidak langsung terpapar suhu dingin.

Kemudian jika didapati daunnya mati, potong dan buang umbinya untuk disimpan di tempat yang memiliki suhu hangat dan kering.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.