Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Menyukai dan Menyayangi Pemiliknya?

Kompas.com - 29/12/2020, 11:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi seseorang yang memiliki kucing peliharaan, mereka pastinya mencintai dan merawat kucingnya di rumah dengan sepenuh hati.

Karena menyayangi kucingnya, mereka mau untuk mengurus segala sesuatu yang kucingnya butuhkan, mulai dari makannya, memandikannya, hingga membersihkan kotorannya dan masih banyak hal lagi.

Namun, dibalik semua perhatian yang telah dilakukan dan diberikan kepada kucing peliharaan, apakah kucing menyukai pemiliknya? Apakah kucing menyayangi pemiliknya?

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Terkena Kutu dan Cara Menanganinya

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (29/12/2020), kamu perlu paham bahwa kucing adalah makhluk yang sensitif dan cerdas dengan kemampuan untuk mengalami spektrum emosi sepanjang hidupnya.

Seperti halnya manusia, reaksi, respons, dan suasana hati kucing akan bervariasi sesuai dengan rangsangan yang berbeda di lingkungannya.

Pengalaman yang telah mereka lalui, kondisi kelompok keluarganya, kualitas hidup, status kesehatan, dan banyak pertimbangan lainnya juga turut memengaruhi perasaan dan emosi si kucing.

Kamu juga perlu memahami bahwa kucing adalah makhluk istimewa dengan caranya sendiri dalam mengekspresikan diri kepada pemiliknya.

Baca juga: Kenapa Mulut Kucing Bau? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Jika kamu mengharapkan kucing peliharaanmu menunjukkan kasih sayang dengan cara yang sama seperti anjing, hewan lain, atau manusia, itu sesuatu yang sulit terwujud.

Di sisi lain, juga tidak adil untuk mengklaim kalau kucing tidak menyukai atau mereka tidak memiliki perasaan terhadap pemiliknya hanya karena mereka tidak berperilaku seperti anjing.

Dengan karakter luhur dan independen mereka, kucing mampu membangun ikatan persahabatan dan kepercayaan pada seseorang yang memelihara dan mengasuhnya.

Bagaimana kucing menunjukkan cinta?

Kucing bisa menyayangi pemiliknya, mencari di mana pemiliknya berada dan mendengkur dengan senang saat mereka duduk atau tidur di samping setiap pemiliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com