Kompas.com - 28/12/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi mesin cuci SHUTTERSTOCK/EVGENY ATAMANENKOIlustrasi mesin cuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak atau sedikit, mencuci pakaian tetap terasa seperti tugas yang berat. Mencuci pakaian dengan benar membutuhkan lebih dari sekadar menekan tombol di mesin cuci.

Jika Anda kerap menemukan pakaian yang menyusut, pudar, atau robek dari pengering setelah siklus pencucian yang lama, mungkin ada beberapa langkah yang Anda lupa lakukan sebelumnya.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (28/12/2020), semuanya dimulai dengan cara Anda menyortir pakaian yang akan dicuci. Apakah Anda memisahkan warna dan memperhatikan bahan halus?

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Percaya atau tidak, menyortir cucian Anda adalah salah satu langkah paling dasar untuk memastikan pencucian yang baik, namun banyak orang melewatkannya. Mencampurkan, misalnya, warna gelap dengan putih dapat merusak pakaian.

Berikut ini 6 hal yang harus dilakukan sebelum mencuci pakaian dengan mesin cuci.

1. Baca label

Produsen pakaian sering memasang label dry clean pada pakaian yang terbuat dari wol dan serat sejenis seperti kasmir, maupun sutra dan rayon. Kecuali jika benar-benar tertulis "hanya dry clean", Anda kemungkinan besar akan bisa mencucinya di rumah.

Sebelum mencuci pakaian dengan mesin cuci, pastikan pakaian-pakaian tersebut terbuat dari satu bahan, artinya tidak ada lapisan, manik-manik, atau trim, serta bahannya tak menyusut saat dikeringkan.

Baca juga: Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Bisa di Mesin Cuci

2. Sortir pakaian

Setiap kali Anda mencuci pakaian, sejumlah pewarna pakaian dilepaskan ke dalam air. Pewarna seperti nila, misalnya, yang mewarnai jeans biru favorit Anda, sebenarnya memang akan memudar dan ini terjadi sepanjang masa pakai pakaian.

Jika Anda tidak berhati-hati untuk mencuci seperti warna bersama-sama, cucian Anda akan menjadi kotor dalam waktu singkat. Selain meyortir berdasarkan warna, Anda harus menyortir berdasarkan jenis kain dan sifat serat.

3. Pilih deterjen yang tepat

Untuk pencucian umum, deterjen cair dan bubuk dapat digunakan. Deterjen ini sangat cocok untuk minyak dan noda.

Karena sangat terkonsentrasi, deterjen ini sangat kuat. Anda hanya membutuhkan sedikit untuk cucian yang lumayan banyak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X