Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Hal Ini Jika Tidak Ingin Lantai Kayu Rusak

Kompas.com - 28/12/2020, 08:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu dapat bertahan lama dan terlihat lebih cantik selama beberapa tahun dengan perawatan dan pembersihan yang tepat.

Biasanya, melakukan penyapuan akan dapat menghilangkan debu dari lantai kayu, namun sebenarnya memerlukan pembersihan yang lebih menyeluruh setiap satu bulan sekali atau lebih.

Dilansir dari Country Living, Senin (28/12/2020), hindari menggunakan pel uap yang menggerakan air ke dalam alur dan celah.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu Vinyl

Hindari penggunaan produk yang dapat menambah kilau karena cenderung mengandung cat akrilik yang meninggalkan residu pada lantai kayu. Sebaliknya, gunakan kain pel yang sedikit lembap untuk membersihkannya.

Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan cuka dan lemon untuk membersihkan lantai kayu, karena keduanya bersifat asam dan dapat merusak lapisan lantai kayu.

Selain itu, selama tiga hingga lima tahun, lantai kayu ini memerlukan perawatan yang disebut glasir, yakni penerapan lapisan baru pada lantai kayu. 

Jika lantai Anda mulai terlihat kusam atau memiliki banyak goresan, kerusakan akibat air, mungkin sudah waktunya untuk mengampelas lapisan yang lama dan menerapkan yang baru.

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan Lantai Kayu dengan 7 Bahan Ini

Namun, selain membersihkan dan melakukan perawatan dengan teratur, ada hal yang dapat dilakukan agar lantai kayu tetap cantik dan berkilau.

Tempatkan alas di depan pintu masuk

Alas atau keset dapat menangkap kerikil, pasir dan kotoran yang menempel pada alas kaki sebelum masuk ke ruangan.

Tempatkan keset di luar pintu dengan bantalan non slip di dalam pintu. Pilih keset yang aman untuk lantai kayu, untuk memastikan lantai tidak akan menghitam atau merusak lapisan lantai.

Berhati-hatilah dengan sepatu dan hewan peliharaan

Sepatu dengan hak atau memiliki alas yang tidak rata dapat melukai lantai kayu, jadi lepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Selain itu, perhatikan juga kuku hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, karena bisa menggores lantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com