Pentingkah Memangkas Tanaman? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/12/2020, 19:07 WIB
Ilustrasi tanaman hias. KOMPAS.COM/DEWANTOROIlustrasi tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias biasanya harus dipangkas pada awal musim tanam, yaitu akhir musim dingin atau musim semi agar dapat menghasilkan banyak varietas.

Aturan praktis yang paling baik adalah memangkasnya setelah tanaman selesai berbunga.

Jika Anda memangkas tepat sebelum mekar, Anda akan menghilangkan kuncup yang belum terbuka yang akan menjadi bunga.

 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Tanaman di Dalam Ruangan

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (19/12/2020), pemangkasan ini perlu dilakukan agar dapat membersihkan tanaman dari daun atau cabang yang mati agar tanaman tetap rapi. Atau keadaan tanaman yang sudah rimbun dan menganggu pertumbuhannya.

Namun, sebelum memangkas,ada langkah yang harus diperhatikan, sebagai berikut: 

1. Amati Tanaman

Sebelum memangkas, Anda harus melihat struktur dan bentuk tanaman, perhatikan apakah tanaman bertumbuh di satu sisi, apakah ada daun yang mati atau rusak?

Selain itu, periksa area potensi pertumbuhan baru yang dikenal sebagai tunas laten. Tunas biasanya terjadi di mana daun bergabung dengan batang tanaman. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Bunga yang Mudah Dirawat di Rumah

3. Sediakan Alat

Jika cabang tanaman tebal, seperti cabang pohon dalam ruangan, gunakan gunting yang memiliki ukuran lebih besar. Bila ramping, gunting dapur dapat memberikan hasil potongan yang lebih bersih. 

4. Hilangkan Bagian yang Rusak

Jika ada batang atau daun yang mati, jepit daun dan batang tersebut. Kemudian, jika membusuk di bagian akarnya, cabut dan pastikan tanah dengan keadaan kering sebelum tanaman disiram kembali. 

5. Lakukan Pemotongan

Lakukan pemotongan untuk mendorong pertumbuhan baru. Potong tepat sebelum simpul daun atau saat memotong batang yang lebih besar, potong sedekat mungkin dengan batang utama.

Namun, jangan membuang lebih dari 25 persen tanaman.

Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X