Kompas.com - 16/12/2020, 13:06 WIB
Ilustrasi merawat tanaman hias, pot tanaman. SHUTTERSTOCK/GORILLAIMAGESIlustrasi merawat tanaman hias, pot tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman tidak hanya sekadar menyiram dan memberikan pupuk pada tanaman, namun ada langkah yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh dengan subur.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (16/12/2020) ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika merawat tanaman sehingga tanaman tidak berkembang dengan baik.

1. Tidak Menguji Tanah

Tanah memiliki variasi yang berbeda-beda, sehingga sebelum menanam tanaman, Anda harus melakukan pengujian tanah.

Baca juga: Permasalahan pada Tanaman Anggrek, Kekurangan Cahaya hingga Hama

Misalnya apakah di dalam tanah tersebut memiliki nutrisi yang cukup atau tidak, dengan informasi ini tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Tak hanya itu, tanah juga akan berubah dari satu musim ke musim selanjutnya, jadi penting untuk mengetahui keadaan tanah setiap satu atau dua tahun.

2. Penyiraman Daun

Penyiraman dari daun tanaman bukan cara yang terbaik. Selain dapat membuang-buang air, daun yang terlalu basah juga bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan mikroba penyebab penyakit lainnya.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti dengan sistem irigasi tetes atau selang air.

 

Baca juga: Selain Poinsettia, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Dekorasi Natal

Dengan cara ini, tanaman akan mendapatkan kelembapan yang cukup dari tanah langsung ke akar yang menjadi tempat yang paling dibutuhkan.

Jadwalkan penyiraman di pagi hari sebelum udara terlalu panas dan penguapan menjadi lebih cepat.

3. Tidak Menambahkan Kompos

Tanaman membutuhkan nutrisi untuk tumbuh, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi tersebut adalah dengan menambahkan kompos.

Kompos juga dapat membantu tanah tetap lembap sekaligus meningkatkan drainasenya. Tambahkan lapisan kompos setebal 1-2 inci dari atas tanah pada musim panas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.