Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Inspirasi Gorden Minimalis untuk Ruang Tamu

Kompas.com - 14/12/2020, 09:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden atau tirai tidak hanya berfungsi sebagai penutup jendela atau penghalang sinar matahari yang masuk, namun juga berfungsi sebagai dekorasi rumah.

Oleh sebab itu, perlu kecermatan pula saat memilih gorden untuk rumah, termasuk untuk ruang tamu Anda. Agar tidak salah memilih gorden, ada baiknya Anda mempertimbangkan visi dekoratif tertentu.

Dilansir dari Apartment Therapy, Senin (14/12/2020), pada dasarnya, selalu pertimbangkan anggaran Anda, tingkat cahaya alami yang diinginkan, ukuran jendela, panjang tirai, dan gaya, termasuk warna, pola, dan material kain sebelum membeli gorden.

Baca juga: 5 Tipe Gorden untuk Kamar Tidur

Adapun saat memilih gorden untuk ruang tamu, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan. Misalnya, apakah tirai saya benar-benar perlu menghalangi cahaya di ruang tamu atau apakah itu murni dekoratif.

Kemudian, apakah Anda ingin menambahkan warna dan daya tarik visual ke ruang tamu. Selain itu, di mana Anda berencana untuk menggantung gorden dan bagaimana pengaruh tinggi gorden terhadap ruangan.

Salah satu model gorden yang saat ini banyak diminati adalah gorden minimalis. Tentu saja gorden ini akan melengkapi dekorasi rumah minimalis yang juga sedang tren.

Nah, berikut beberapa inspirasi gorden minimalis untuk ruang tamu Anda.

Baca juga: Cara Mudah Mencuci Gorden, Bisa Dilakukan Sendiri

1. Gorden tipis

Jika Anda berjiwa minimalis yang menyukai cahaya terang dan tidak terhalang masuk ke ruang tamu, Anda bisa memilih gorden tipis layaknya vitrase. Seimbangkan tampilan ruang tamu yang terang dan lapang dengan furnitur bernuansa warna gelap.

2. Vitrase bermotif garis vertikal

Memilih gorden juga harus termasuk vitrase gorden untuk melapisinya. Ketimbang memilih vitrase gorden putih polos, Anda bisa memilih yang bermotif garis vertikal halus sebagai aksen.

Vitrase gorden ini akan menambah sentuhan dimensi dan tekstur ke ruang tamu Anda.

3. Warna monokrom

Tren monokrom tidak ada matinya, baik dalam fashion maupun desain interior. Anda bisa menyesuaikan tirai ruang tamu dengan warna dinding Anda dan akhiri tampilan dengan sofa atau kursi tonal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com