Kompas.com - 12/12/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi Baking Soda dan Baking Powder ShutterstockIlustrasi Baking Soda dan Baking Powder

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau sodium bikarbonat bukan hanya bahan pembuat makanan. Namun, baking soda juga merupakan bahan murah yang bisa membantu Anda dalam mencuci pakaian.

Ya, baking soda memiliki banyak manfaat untuk membersihkan dan mencuci pakaian. Antara lain, menghilangkan bau, melembutkan pakaian, dan sebagainya.

Nah, apa saja manfaat baking soda dalam mencuci pakaian? Dilansir dari The Spruce, Sabtu (12/12/2020), berikut penjelasannya.

Baca juga: 10 Manfaat Baking Soda, Bersihkan Dapur hingga Hilangkan Bau Kulkas

1. Menghilangkan bau pada pakaian

Bau pada pakaian disebabkan oleh bakteri. Bakteri dihilangkan ketika molekul deterjen memecah sel bakteri pada kain untuk dibuang.

Akan tetapi, deterjen yang harganya relatif murah dan tidak mengandung enzim yang bekerja keras untuk melawan bakteri membutuhkan dorongan agar bisa bekerja lebih efektif.

Baking soda membantu mengatur tingkat keasaman atau pH dalam air mesin cuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa.

Tambahkan setengah cangkir baking soda ke cucian. Dengan begitu, deterjen dapat bekerja lebih efektif dan mengurangi bakteri.

Baca juga: Ingin Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah? Pakai Baking Soda Saja

Untuk masalah bau yang berat seperti keringat di ketiak atau bau lingkungan seperti asap rokok, gunakan baking soda dan air untuk merendam pakaian.

Larutkan 1 atau 2 cangkir baking soda ke dalam air hangat. Isi mesin cuci atau ember besar dengan air dingin dan tambahkan baking soda yang telah dilarutkan.

Masukkan pakaian yang bau dan biarkan terendam semalaman lalu cuci seperti biasa.

2. Meningkatkan kinerja deterjen dan pemutih

Pemutih berbahan klorin sering digunakan untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran pada pakaian. Dalam air yang terlalu asam atau basa, pemutih membutuhkan dorongan agar bekerja lebih efektif.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X