Kompas.com - 12/12/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi ikan cupang double tail. SHUTTERSTOCK/THANONTBETTAIlustrasi ikan cupang double tail.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang hidup dalam perairan dangkal di rawa, kolam, atau sungai yang bergerak lambat.

Ikan cupang aktif di siang hari dan tidur di malam hari, serta membutuhkan kegelapan untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Beberapa orang menganggap ikan cupang sebagai pemakan yang pilih-pilih, tetapi kenyataannya adalah kuantitas makanan yang terpenting.

Baca juga: Musim Hujan, Hati-hati Ekor Ikan Cupang Menjadi Kuncup

Jenis pakan ikan cupang terbaik adalah udang, cacing air asin hidup, larva nyamuk, pakan hidup kering beku, atau pelet cupang.

Akar tanaman bukanlah makanan yang cukup untuk ikan cupang karena ikan cupang adalah hewan karnivora yang di alam kebanyakan memakan serangga dan larva serangga.

Makanan yang hanya terdiri dari akar tanaman dapat membuat mereka tetap hidup untuk sementara waktu, tetapi karena kekurangan nutrisi yang tepat untuk spesies ini, ikan akhirnya jatuh sakit dan mati.

Untuk ikan cupang dewasa dianjurkan untuk diberi makan sekali sehari, dan bayi (burayak) diberi makan dua kali sehari.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Ikan Cupang Kembali Populer, Halfmoon hingga Giant

Mungkin sepertinya tidak cukup, tetapi banyak pelet yang mengembang hingga lebih dari dua kali ukurannya setelah basah. Pemberian makan tambahan mungkin diperlukan tergantung pada tingkat aktivitas ikan cupang.

Dilansir dari Betafish, Sabtu (12/12/2020), ada beberapa makanan ikan cupang yang dapat menjadi pilih, sebagai berikut.

Pelet

Pelet adalah makanan ikan cupang yang paling umum di pasaran, dengan kualitas yang sangat bervariasi di setiap makanan.

Pelet terbaik untuk ikan cupang akan lebih banyak bahan berkualitas tinggi yang membantu ikan berkembang biak. Beberapa pelet ikan cupang mengembang secara signifikan setelah terkena air.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Betafish
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X