Kompas.com - 11/12/2020, 19:18 WIB
Ada beberapa kesalahan dalam memilih warna cat di kamar tidur yang harus diperhatikan. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUAda beberapa kesalahan dalam memilih warna cat di kamar tidur yang harus diperhatikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna dalam sebuah ruangan dapat memberikan nuansa yang berbeda. Bahkan pewarnaan ruangan pun dapat memengaruhi suasana hati.

Misalnya ketika ruangan memiliki warna gelap seperti hitam atau abu-abu, akan membuat suasana hati lebih sedih, berbeda dengan penggunaan warna cerah yang membuat lebih bersemangat. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih warna pada ruangan.

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (11/12/2020), ada beberapa kesalahan dalam memilih warna cat kamar tidur

Baca juga: Wallpaper atau Cat, Mana yang Lebih Bagus untuk Dinding Rumah?

1. Warna Putih pada Plafon

Mengecat langit-langit dengan warna putih akan menyebabkan ruangan lebih dingin, jika pewarnaan dinding lainnya warna putih juga.

Hal tersebut akan menyebabkan tidak nyaman penghuninya, sebaiknya warna putih diganti dengan warna lainnya seperti krem.

2. Terlalu Serasi

Hindari terlalu menyelaraskan warna cat dengan berbagai aksesori lainnya di dalam kamar tidur, misalnya dengan selimut, sprei, gorden, dan sebagainya. Sebab, ini akan menyebabkan kebosanan dalam dekorasi kamar tidur.

3. Skema Warna yang Berbeda-beda

Kesalahan selanjutnya adalah menggunakan skema warna yang sangat berbeda-beda dengan ruangan lainnya. Gunakan skema warna yang senada dengan ruangan lainnya, agar lebih selaras.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Warna Cat Dinding agar Rumah Lebih Cerah

4. Warna Gelap

Jika memiliki ruangan yang tidak memiliki cahaya terlalu banyak, hindari menggunakan warna gelap, karena akan semakin menggelapkan warna kamar.

Warna cat gelap biasanya dipilih ketika untuk memberikan kesan yang berani dalam desain diinginkan.

Hal ini sering kali menjadi kesalahan karena tidak ada cukup cahaya alami di dalam ruangan. Tanpa memanfaatkan sinar matahari akan menciptakan efek klaustrofobik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X