Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan-kebiasaan Ini Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Kompas.com - 03/12/2020, 09:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk keperluan rumah tangga, mesin cuci adalah salah satu investasi besar Anda. Sebab, mesin cuci membantu Anda menghemat waktu mencuci pakaian dan menjamin kebersihan dan kesehatan keluarga pula.

Namun, penggunaan mesin cuci haruslah cermat. Jika melakukan kebiasaan yang salah, mesin cuci akan cepat rusak.

Laura Johnson, analis konsumen, penelitian dan pengembangan di LG Electronics, seperti dikutip dari Real Simple, Kamis (3/12/2020), menjelaskan hal-hal yang bisa membuat mesin cuci Anda cepat rusak.

Baca juga: Panduan Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Menggunakan terlalu banyak deterjen

Menggunakan terlalu banyak deterjen tidak benar-benar membuat pakaian Anda lebih bersih. Selain meninggalkan sisa sabun pada pakaian, Johnson menjelaskan, terlalu banyak deterjen sebenarnya dapat menimbulkan bau yang tertinggal pada mesin cuci.

"Ini juga menyebabkan mesin cuci Anda beroperasi lebih lama, menggunakan siklus bilas tambahan untuk menghilangkan sabun," jelas Johnson.

Mengeringkan pakaian yang dilengkapi plastik atau karet

Uap dari pengering dapat membuat item meleleh dengan komponen plastik atau karet, seperti sepatu kets dengan sol karet.

Tidak cuma itu, item tersebut berpotensi merusak komponen mesin cuci. Sebaliknya, biarkan barang-barang ini mengering dengan sendirinya di tempat dengan ventilasi yang baik.

Baca juga: Mesin Cuci Berbau Tak Sedap? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya

Mencuci terlalu banyak hingga mesin cuci penuh

Dilansir dari Which, membebani tabung mesin cuci secara berlebihan sehingga terisi penuh akan menyebabkan hasil pencucian yang kurang sempurna dan dapat merusak mesin cuci.

Mesin cuci dirancang untuk mencuci pakaian dengan berat tertentu dan tidak lebih. Banyak mesin cuci model mutakhir tidak mengizinkan Anda membebani mereka secara berlebihan.

Mesin cuci bahkan tidak menjalankan program pencucian jika ada terlalu banyak pakaian di tabung. Namun, beberapa mesin tidak akan menghentikan Anda untuk mencuci, meskipun tabungnya penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com