Kompas.com - 02/12/2020, 13:10 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/ARTAZUMIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi yang bersih dan segar adalah salah satu tanda rumah yang sehat.

Namun, kenyataannya pembersih rumah tangga dapat mengeluarkan bahan kimia berbahaya sehingga dapat membahayakan lingkungan dan anggota keluarga.

Dilansir dari Home Guides, Rabu (2/12/2020), produk penghilang bau yang umum mungkin mengandung senyawa organik yang mudah menguap atau zat yang mengiritasi kulit, saluran hidung, dan paru-paru.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Butuh Kelembaban Tinggi, Cocok di Kamar Mandi

Sementara itu, pengharum aerosol dapat mencemari udara dan melapisi permukaan dengan lapisan bahan kimia beraroma yang menutupi bau alih-alih menghilangkannya.

Lantas, bagaimana caranya untuk membuat kamar mandi tetap segar tanpa bahan kimia?

1. Cuka putih

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cuka putih adalah disinfektan dan pewangi alami yang dapat menghilangkan bau di kamar mandi.

Encerkan cuka dengan air, kemudian masukan air cuka ini ke dalam botol kemudian semprotkan ke beberapa bagian di kamar mandi seperti wastafel, cermin, toilet, dll. Kemudian gunakan spons atau kain serat mikro basah untuk menyekanya.

Baca juga: 8 Cara Mengubah Suasana Kamar Mandi agar Tak Terkesan Suram

Meskipun baunya menyengat, aroma cuka yang kuat akan menguap saat Anda membersihkannya. Untuk mendapatkan aroma yang lebih segar, campurkan larutan cuka dengan lemon.

2. Baking soda 

Baking soda atau soda kue dapat menjadi pewangi kamar mandi yang tidak beracun. Tambahkan soda kue dengan air, kemudian gosok di tempat yang ingin dibersihkan lalu bilas dengan air.

Untuk menghilangkan bau dalam kamar mandi, letakkan semangkuk soda kue di dalam kamar mandi, hal ini akan menyerap bau di dalam kamar mandi.

Halaman:


Sumber home guide
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X