Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tabung Gas Bisa Meledak? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/11/2020, 16:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemakaian kompor gas di dalam rumah bisa berbahaya jika mengabaikan beberapa hal yang bisa menyebabkan kompor dan tabung gas tersebut meledak.

Seperti yang terjadi pada 3 rumah yang mengalami kerusakan akibat ledakan tabung gas 12 kg di kawasan Jalan Melati Raya, Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Rabu (25/11/2020).

Lantas, apa penyebab tabung gas meledak?

Baca juga: Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Ini Penyebab dan Solusinya

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020), penyebab tabung gas meledak adalah penumpukan gas di udara dan hal ini terjadi karena kebocoran gas.

Selang dan keran penutup tabung gas yang tidak rapat bisa juga bisa menyebabkan kebocoran gas dan akhirnya terjadi ledakan. Penggunaan selang yang tidak sesuai dengan standar keamanan pun bisa menjadi salah satu faktor terjadi ledakan.

Dapur tertutup pemicu tabung gas meledak

Bau gas yang memenuhi ruangan sangat berbahaya, jika gas dibiarkan terakumulasi di udara kemudian terjadi percikan api, hal ini dapat menyebabkan ledakan yang cukup besar. S

elain itu, keadaan dapur yang tertutup juga dapat menyumbang faktor terjadinya ledakan ini.
Yang perlu diketahui adalah gas jenis LPG lebih berat daripada udara yang kita hirup sehingga gas jenis LPG ini akan turun ke bawah.

Baca juga: 5 Pilihan Kompor Gas 1 Tungku, Paling Mahal Rp 202.000

Jika sirkulasi udara di bagian bawah dari dapur tidak lancar, gas ini akan tertahan di ruangan kemudian bercampur dengan udara sehingga dapat menghasilkan ledakan.

Sementara itu, gas yang sudah terakumulasi di udara akan sangat sensitif dengan percikan api walaupun sangat sedikit. Bahkan ketika gas bocor, hindari mematikan atau menyalakan lampu listrik, karena hal itu bisa memicu ledakan yang lebih besar.

Jika sudah tercium bau gas dalam dapur, hal yang harus dilakukan adalah mencabut regulator dari tabung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com