Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 13:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika yang sering digunakan juga perlu dibersihkan secara rutin. Sebab, jika tidak dibersihkan, setrika akan lengket atau terdapat kerak putih yang membandel.

Bila setrika lengket, dikhawatirkan pakaian yang disetrika menjadi rusak.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Kamis (19/11/2020), berikut cara membersihkan setrika yang lengket.

Baca juga: Bagian Bawah Setrika Lengket? Ini 6 Cara Mengakalinya

Namun, pertama-tama, Anda harus mengenali tanda-tanda setrika harus dibersihkan. Beberapa tanda tersebut antara lain mengeluarkan endapan mineral putih berkapur atau kapur ke pakaian yang disetrika.

Kemudian, ada residu lengket yang meleleh ke tapak setrika, tidak bisa meluncur sempurna ke pakaian, dan meninggalkan bekas atau noda pada pakaian.

Cara membersihkan setrika yang lengket

Pertama, ambil kain bersih, lembab, dan berukuran agak besar. Dengan menggunakan cairan pembersih serbaguna, sapukan kain tersebut ke tapak setrika yang agak hangat.

Anda juga bisa menggunakan sedikit pasta gigi putih dan kain lembab untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di bagian bawah setrika.

Baca juga: Setrika Juga Harus Dibersihkan, Bisa Pakai Garam hingga Cuka

Akan tetapi, jangan gunakan pembersih yang sifatnya abrasif, karena ini akan merusak lapisan tapak setrika. Namun, Anda dapat menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk tapak setrika.

Cara membersihkan setrika uap

Jika Anda memiliki setrika uap, corong ventilasi uapnya seringkali tersumbat. Untuk membersihkan ventilasi uap yang tersumbat, gunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam air dan larutan cuka.

Untuk membantu mencegah penumpukan endapan kapur pada setrika, selalu buang kelebihan air dari ruang setelah Anda selesai menyetrika.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com