Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 21/04/2023, 17:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkelahi adalah sifat alami kucing sebagai hewan teritorial, alias berkuasa terhadap wilayah yang mereka tempati sejak lama.

Perasaan cemburu atau memperebutkan betina juga bisa jadi faktor penyebab kucing berkelahi.

Kucing yang berkelahi dapat membuat satu sama lainnya mendapatkan cedera yang berbagai macam. Bahkan, goresan kecil akibat cakaran atau gigitan bisa sebabkan infeksi menyakitkan bagi kucing.

Baca juga: Kenapa Kucing Berkelahi? Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Ilustrasi kucing berkelahi. PIXABAY/RIHAIJ Ilustrasi kucing berkelahi.

Apabila kucing peliharaan kamu berkelahi dengan kucing lain di luar rumah, kamu harus sesegera mungkin untuk memisahkannya. Sayangnya, terkadang kucing berkelahi secara tiba-tiba dan lokasinya sulit dijangkau, misal seperti di atas genteng.

Setelah kucing peliharaan selesai berkelahi dan kembali ke rumah, kamu harus langsung melihat kondisi tubuhnya untuk memeriksa bagian mana saja yang terluka.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan ketika kucing peliharaan berkelahi, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (19/11/2020).

1. Periksa luka

Seusai kucing peliharaanmu, kamu harus dapat meraba keseluruh tubuhnya secara pelan-pelan untuk memastikan apakah ada respon sakit atau luka dibagian tubuh lainnya.

Baca juga: Kenali 10 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sakit

Berhati-hatilah saat kamu mendekap atau mengelus-elus kucingmu, karena mungkin akan ada bagian tubuh yang terluka dan sangat menyakitkan ketika tersentuh.

Luka gigitan, terutama luka tusuk kecil, sangat mungkin terinfeksi karena bakteri dari dalam mulut kucing yang mencemari lukanya. Selama beberapa hari, bakteri ini akan berkembang biak mengakibatkan terbentuknya abses atau nanah.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com