Kenapa Kucing Sering Minum Air di Toilet?

Kompas.com - 17/11/2020, 14:17 WIB
Ilustrasi kucing. SHUTTERSTOCK/THANONGSAK KONGTONG Ilustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat seekor kucing minum air di dalam toilet? Atau meminum air di dalam ember dalam kamar mandi?

Beberapa pemilik kucing melatih kucingnya untuk meminum minuman yang telah tersedia di dalam wadah.

Namun, tak semua kucing berhasil dilatih seperti itu.

Baca juga: Kucing Harus Diberi Makan Berapa Kali Sehari? Ini Panduannya

Seperti yang dialami Dina, yang selalu mengajarkan kucing peliharaannya untuk tetap minum di wadah yang telah disediakan, namun kucing peliharaan Dina tetap memilih meminum air yang berada di ember.

"Micheal (kucingnya) memang enggak suka kalau minum di wadahnya, sukanya di air yang mengalir. Jadi, saya siapkan satu buah ember yang berisi air untuk dia minum," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020). 

Menurut Dina, Micheal tidak suka minum di air yang ada di dalam wadah karena menurutnya tidak fresh lagi, atau bahkan menurut kucing terasa sudah basi.

Seperti Cat Behavior Associates, ada bebagai alasan mengapa kucing menolak atau suka minum air di dalam toilet atau ember berisi air.

Baca juga: Ingin Pelihara Kucing di Rumah? Sebaiknya Pilih yang Sudah Dewasa

Lebih segar

Seperti yang dipaparkan oleh Dina, kucingnya lebih menyukai minum dari ember berisi air karena lebih menyegarkan. Hal yang sama juga dirasakan oleh kucing yang suka minum dari toilet.

Porselen atau bahan toilet akan lebih membuat air di dalamnya lebih dingin daripada yang ada di dalam wadah.

Apalagi airnya jarang diganti oleh pemiliknya, sehingga menyebabkan air tersebut tidak enak untuk diminum lagi.

Air di dalam mangkuk biasa pun mungkin sudah lama berada di sana dan terasa lebih basi darupada air di dalam toilet atau di ember yang lebih banyak mengandung oksigen.

Baca juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok hingga Sebabkan Kebotakan? Ini Penyebabnya

Faktor menyenangkan

Kucing akan lebih tertarik dengan air yang bergerak, seperti di dalam toilet atau di ember.

Daya tariknya ketika mereka menyelupkan kaki mereka ke dalam air dan menyebabkan air berputar dan bergerak, sehingga lebih menyenangkan minum di toilet dan di ember daripada di dalam wadah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X