Mengenal Jenis-jenis Talenan dan Cara Membersihkannya

Kompas.com - 09/11/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi talenan. SHUTTERSTOCKIlustrasi talenan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan merupakan alat yang setiap harinya digunakan di dapur.

Tidak bisa dihitung berapa bahan makanan yang telah menempel di talenan, dan tidak bisa dihitung berapa banyak bekas makanan serta bakteri yang tersisa di alas talenan.

Dilansir dari Blanco, Senin (9/11/2020), memilih bahan talenan serta cara membersihkannya menjadi pedoman penting agar kuman dan bakteri tidak menempel di talenan.

Baca juga: Tips Merapikan Kulkas agar Tidak Bau

Dianjurkan untuk menggunakan talenan berbahan dasar kaca (akrilik) atau plastik saat ingin memotong daging, ikan, atau makanan beraroma tajam seperti bawang merah atau putih.

Jenis talenan ini memiliki permukaan yang halus sehingga kuman atau sisa makanan tersebut tidak menempel di talenan.

Talenan plastik

Talenan plastik ini bahkan digunakan di dapur profesional karena dianggap mudah dibersihkan serta tidak menyimpan kuman di dalamnya. Untuk membersihkan talenan plastik ini, Anda bisa menggunakan cuka atau cairan pembersih sehingga dapat menghilangkan kumannya.

Ilustrasi membersihkan talenan plastik. Dok. The Kitchn Ilustrasi membersihkan talenan plastik.


Talenan Kaca atau Akrilik

Selain menjadi alas untuk memotong bahan makanan, talenan kaca ini juga memiliki nilai estetika yang lebih cantik daripada talenan berbahan lainnya.

Tidak hanya itu, teksturnya yang licin, membuat bakteri atau bekas bahan makanan tidak menempel di talenan ini.

Halaman:


Sumber Blanco
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X