Kompas.com - 07/11/2020, 08:04 WIB
Ilustrasi memasak chabybuckoIlustrasi memasak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tabung gas memang memberikan kemudahan bagi orang banyak saat memasak, sebagai perantara nyala api di kompor gas.

Namun, tabung gas juga bisa menjadi bahaya apabila penggunaannya tidaklah aman. Untuk itu, kamu harus mengetahui semua tindakan aman dalam mengunakan tabung gas.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (7/11/2020), tindakan aman penggunaan tabung gas bisa dibagi menjadi tiga kategori. Pertama diperlukan kehati-hatian saat membeli tabung gas dan berbagai alat pendukungnya.

Baca juga: Mau Memasak Pakai Kompor Induksi? Ini Keuntungannya

Kedua, cara aman saat memasak dengan tabung gas. Ketiga langkah-langkah perawatan tabung gas.

Ada beberapa alat pendukung untuk mengalirkan gas yang ada di tabung gas ke dalam kompor, seperti katup silinder, selang, sambungan pipa, dan regulator.

Penting untuk memerhatikan seluruh sambungan tabung gas ke kompor secara konstan. Selalu beli regulator dan selang dari waralaba resmi.

Berikut ini adalah beberapa tindakan aman dalam penggunaan tabung gas yang harus kamu pertimbangkan.

1. Peletakkan

Letakkan tabung gas dalam posisi tegak dan di tempat aman agar tidak terjatuh. Tabung gas yang terisi tidak boleh dijatuhkan, digulung atau diseret.

Baca juga: Apa Benar Kompor Tanam Lebih Baik? Ini Keunggulannya

2. Menggunakan tabung

Pastikan bahwa dapur memiliki ventilasi yang baik saat menggunakan tabung gas. Barang plastik yang mudah terbakar atau segala jenis harus disimpan sejauh mungkin dari nyala api.

Saat tidak digunakan, kenop regulator di dalam silinder harus selalu dimatikan.

3. Mengangkut tabung gas

Pasti akan ada saatnya kamu perlu mengangkut tabung gas. Ada beberapa tindakan pencegahan tabung gas yang perlu dipertimbangkan saat mengangkut. Posisi vertikal adalah pilihan terbaik untuk pengangkutan.

Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X