Kompas.com - 06/11/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi vertical garden SHUTTERSTOCKIlustrasi vertical garden

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang memiliki rumah dengan lahan terbatas tidak bisa memiliki taman yang asri?

Hal tersebut dibuktikan oleh Sri Murniati yang berhasil membuat taman kecil di area depan rumahnya yang berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat.

Ia mengungkapkan, sebelumnya lahan tersebut adalah area kosong, kemudian ia manfaatkan sebagai taman kecil yang asri.

 

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah Lebih Nyaman

"Saya kan membeli rumah ini second, jadi sama pemilik sebelumnya itu area kosong aja dan ukurannya hanya 1 x 3 meter," ungkap Sri ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (6/11/20).

Taman yang terletak di paling ujung area rumah ini semulanya dilapisi paving block, untuk mewujudkan taman yang asri, Sri atau yang lebih akrab dipanggil Adhe ini harus melakukan pengangkatan paving block.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, setelah paving block diangkat Adhe melakukan penggurukan tanah dengan campuran tanah merah dan kompos. Setelah tanah sudah rapi, ia menanami rumput gajah mini. Untuk proses penanaman rumputnya, ia menjarakan sekitar 5-8 cm.

Sementara itu, untuk membuat tamannya semakin cantik, ia menanam beberapa jenis bunga salah satunya yaitu bunga asoka yang ditanam di sepanjang pinggir taman mungilnya.

 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Hiasan di Kamar Mandi

"Karena lahan taman sangat minim, jadi saya hanya memilih 1 pohon master jenis mini bongsai untuk menghadirkan kesan asri," tambahnya.

Stepping Stone dan Holder

Supaya rumput tidak terinjak saat ingin melangkah ke taman, Adhe mengaplikasikan steping stone di dalam taman mungilnya tersebut.

Kemudian beberapa tahun berjalan, pada bagian dindingnya diberikan hiasan holder tanaman yang terbuat dari bambu. Untuk holder tanaman ini, Adhe membuatnya sendiri memanfaatkan bambu serta tali ijuk.

"Holder tanaman ini berfungsi untuk menggantungkan beberapa jenis tanaman seperti sirih gading dan tanaman janda bolong sehingga bagian tembok tidak terlalu kosong," tambahnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X