Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membuat AC Berfungsi Optimal Saat Cuaca Panas

Namun, cuaca yang sangat terik bisa membuat orang enggan beraktivitas di luar rumah atau bepergian. Akhirnya, banyak orang memilih menghabiskan waktu di dalam rumah saat cuaca panas. 

Sayangnya, sering kali kondisi di dalam rumah juga ikut panas, yang membuat tidak nyaman. Bahkan, dalam beberapa kasus, rumah yang terlalu panas dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi anak-anak dan orang tua.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan serta memberi kenyamanan. Kehadiran AC dapat membuat musim panas menjadi lebih menyenangkan. 

Namun, pastikan AC bekerja optimal dan telah melakukan perawatan rutin. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Minggu (2/4/2023), berikut sejumlah cara membuat AC  berfungsi optimal saat cuaca panas. 

Sebagian besar sistem AC yang lebih baru tidak mengalami kegagalan total. Sebaliknya, satu atau dua bagian mengalami keausan.

Termostat mati, kebocoran zat pendingin, dan koil kotor adalah masalah utama yang harus diwaspadai pada AC.

Masalah-masalah ini dapat dengan mudah ditemukan dengan tune-up dari teknisi HVAC setempat. Anda dapat menghindari banyak sakit kepala dan frustrasi dengan mengenali tanda-tanda kerusakan AC lebih cepat.

Selain itu, AC yang mengeluarkan suara atau bau aneh dan eembusan angin yang tidak terlalu kencang adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Mencegah AC bermasalah 

Kebocoran zat pendingin dapat menghabiskan biaya ratusan dolar untuk diperbaiki dan uang ini dapat dihabiskan untuk perjalanan dan kegiatan keluarga yang menyenangkan.

Karena itu, direkomendasikan melakukan pemeliharaan preventif sebagai perlindungan terbaik terhadap kegagalan peralatan. 

Perawatan rutin ini dilakukan setiap tahun dan menawarkan banyak keuntungan, salah satu memperpanjang umur AC. Mengganti AC dapat menghabiskan biaya ribuan, sedangkan perawatan preventif sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2,9 juta.  

Hal ini tidak hanya lebih baik untuk ketenangan pikiran karena pekerjaan dilakukan dengan benar, tetapi juga mendapatkan laporan komprehensif tentang sistem AC. 

Selama kunjung perawatan preventif, teknisi akan mengganti filter udara, yang sangat penting untuk pengoperasian sistem AC yang sempurna.

Filter udara yang kotor akan membuat sistem AC tidak bekerja baik sehingga membuatnya bekerja lebih lama. Hal ini akan membebani Anda dengan biaya tagihan listrik yang lebih mahal.

Fitur tambahan dari kunjungan perawatan termasuk melumasi komponen, mengkalibrasi termostat, dan memeriksa fungsi komponen. 

Melakukan perbaikan tepat waktu

Seiring waktu, AC dapat mengalami masalah yang perlu segera mendapat perbaikan. Misalnya, AC mati saat tengah malam atau AC tidak lagi mendinginkan ruangan dengan maksimal.

Masalah-masalah ini tidak boleh dianggap enteng dan diabaikan begitu saja. Sebenarnya merupakan hal baik untuk menemukan hal-hal ini lebih cepat.

Pada gilirannya, hal ini dapat menyelamatkan Anda dari keharusan memanggil tukang reparasi untuk layanan darurat, yang kemungkinan besar akan memakan biaya lebih banyak 

Jadi, segera memperbaiki AC yang bermasalah sebelum keadaan makin memburuk. Menunggu untuk memperbaiki sesuatu biasanya menghasilkan tagihan perbaikan yang lebih tinggi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/02/084000476/4-cara-membuat-ac-berfungsi-optimal-saat-cuaca-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke