Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Renovasi Kecil yang Berdampak Besar pada Rumah

Namun, banyak orang cenderung menghindarinya karena ini menjadi pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga. Padahal, merenovasi rumah tidak harus selalu demikian. 

Nyatanya, merenovasi rumah bisa dilakukan tanpa harus menjalani proyek besar dan menghabiskan banyak sumber daya, baik uang maupun usaha. 

Dilansir dari My Decorative, Selasa (28/3/2023), berikut lima ide kecil merenovasi rumah dengan sedikit uang dan usaha. 

Cahaya yang terang dan memadai dapat mengubah aura serta estetika rumah. Salah satu cara terbaik dan ekonomis melakukan hal ini adalah memasang skylight.

Pada dasarnya, skylight adalah jendela yang dipasang pada plafon, yang memungkinkan cahaya matahari masuk dengan baik.

Ini adalah solusi sempurna memperbaiki loteng yang gelap menjadi ruang tunggu di lantai atas yang terang, bahkan ruang bermain anak-anak.

Dengan skylight, Anda akan mendapatkan banyak sinar matahari masuk meski hari sedang mendung. Sebuah skylight hanya membutuhkan sedikit investasi, tetap memberikan hasil luar biasa. 

Ganti perapian

Jika ruang keluarga mulai terlihat sedikit membosankan dan menjemukan, cobalah memasang kembali perapian.

Namun, jika Anda sudah memilikinya, berikan tampilan baru. Perapian sering diabaikan karena dianggap sebagai fitur tambahan.

Namun, perapian memiliki potensi menjadi titik fokus rumah dan memberikan kenyamanan, terutama pada musim dingin.

Anda bisa memilih perapian yang lucu dengan harga terjangkau. Memberikan warna yang tepat juga akan menambah dimensi lain dari dekorasi ruangan.

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai dekorasi musiman, perapian juga berfungsi ganda sebagai kanvas untuk menggantung pernak-pernik musiman dan liburan Anda. 

Karpet yang dibuat dengan baik dan indah dapat meningkatkan ruang keluarga dan memberikan aura baru.

Karpet juga merupakan titik awal yang baik untuk dekorasi jika Anda masih mencoba memikirkan cara mendekorasi ruangan.

Karpet adalah cara bagus menentukan tema, tetapi juga dapat berperan sebagai aksesori tambahan. Semuanya tergantung pada bagaimana Anda menginginkannya.

Jika tidak terlalu ahli dalam hal interior, Anda dapat meminta bantuan perusahaan dekorasi interior dan konsultan yang akan memberikan saran yang sesuai  kebutuhan Anda. 

Tidak hanya memiliki efek dekoratif, tempat duduk ini juga memungkinkan Anda  mengadakan pesta dan makan malam dengan mudah.

Memasang area tempat duduk tidak harus mahal. Anda bisa mendapatkan beberapa kursi dari pasar loak, meletakkannya di meja bundar, dan menambahkan beberapa lampu kelap-kelip.

Jika kursi-kursi tersebut tidak serasi, itu dapat menambah keunikan dan keindahan penataan. Untuk kesan perdesaan dan pondok, Anda bisa meletakkan meja piknik di sana.

Ini akan menjadi aksesori bagus untuk makan siang dan barbekyu di luar ruangan serta waktu pribadi ketika membutuhkan sedikit kedamaian dan ketenangan. 

Berikan perubahan pada pintu depan

Renovasi rumah tidak hanya berarti mengutak-atik bagian dalam. Memperbaiki eksterior juga merupakan bagian penting dari sebuah renovasi.

Melakukan perubahan eksternal tidak selalu menjadi hal rumit dan mahal. Sebagai contoh, salah satu cara terbaik membuat rumah terlihat lebih indah adalah mengubah pintu depan.

Anda bisa membeli pintu depan yang baru dan lebih baik, yang dirancang sesuai dengan spesifikasi Anda atau membeli yang sudah jadi. 

Bisa pula memberikan lapisan cat baru pada pintu yang sudah ada. Jika ini adalah musim liburan, menempatkan dekorasi minimalis akan menyatukan semuanya dengan sempurna.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/28/071500276/5-ide-renovasi-kecil-yang-berdampak-besar-pada-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke