Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membasmi Tikus di Rumah, Dijamin Enggak Bakal Muncul Lagi

Ditambah, kehadiran tikus bisa membuat rumah kotor, menyebarkan penyakit, serta menyebabkan kerusakan struktural.  

Tentu saja, ini menjadi masalah besar yang tidak diinginkan pemilik rumah mana pun. Namun, Anda tidak tahu dari mana tikus-tikus itu berasal dan memasuki rumah. 

Tikus adalah mamalia kecil dengan ekor panjang (bahkan bisa sepanjang dari tubuhnya), mata besar, bulu di tubuhnya, dan telinga besar.

Ketika dewasa, panjang tikus sekitar 19 sentimeter, termasuk ekornya, meski ukuran sebenarnya akan bervariasi menurut jenis tikus.

Tikus sangat kecil dan dapat masuk melalui lubang kecil. Tikus juga tidak berkeliaran jauh dari tempatnya bersarang.

Artinya, jika Anda menemukan aktivitas tikus di dalam rumah, kemungkinan besar hewan pengerat ini sedang bersarang di sekitar rumah, baik di dalam hunian maupun halaman. 

Meski begitu, mengusir tikus di rumah tidak selalu mudah. Pasalnya, tikus bisa lincah berpindah ke satu tempat. 

Untuk membantu Anda, berikut cara membasmi tikus di rumah dikutip dari The Spruce, Kamis (23/3/2023). 

Busa semprot dapat memenuhi ruangan, tetapi tikus dapat dengan mudah mengunyahnya, sehingga mudah masuk kembali. Sebagai gantinya, gunakan semacam lembaran logam atau jaring dan kencangkan di tempatnya. 

Ubah habitat tikus 

Ketika mencoba mengusir tikus di rumah, tanyakan pada diri Anda apa yang membuat tikus tertarik pada rumah.

Apakah halaman Anda menyediakan akses yang mudah bagi tikus mendapatkan makanan atau air? Di mana tikus mencari tempat bersarang?

Dengan menentukan di mana tikus mencari makan, air, dan tempat bersembunyi, Anda dapat mulai mengubah faktor-faktor ini untuk membuat lingkungan di sekitar rumah tidak terlalu menarik bagi pengunjung yang tidak diinginkan ini.

Pangkas tanaman merambat dan vegetasi yang mungkin menjadi tempat persembunyian tikus. Pastikan tidak meninggalkan makanan di sekitar rumah untuk dinikmati tikus dan matikan sistem irigasi saat tidak digunakan untuk mengurangi sumber air yang dapat menarik tikus.  

Perangkap jepret dapat digunakan untuk mengusir tikus. Namun, pastikan perangkap tersebut adalah perangkap jepret khusus tikus, bukan perangkap tikus. Sebab, perangkap jebakan tikus terlalu besar untuk tikus. 

Gunakan baki lem

Perangkap lain yang perlu dipertimbangkan ketika membasmi tikus di rumah adalah baki lem. Perangkap ini bisa jadi kontroversial karena tidak secepat dan se-manusiawi perangkap jepret.

Perangkap ini juga dapat membuat tikus yang tertangkap hidup-hidup menjadi takut, menyebabkannya buang air kecil, yang dapat membuat Anda terpapar penyakit.

Meski demikian, perangkap jepret hanya dapat menangkap satu tikus dalam satu waktu dan harus dikosongkan serta dipasang ulang.

Ketika menggunakan baki lem untuk mengendalikan serangan tikus yang parah, tidak jarang ditemukan banyak tikus hanya dalam satu baki sehingga perangkap ini sangat efektif membasmi tikus di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/23/214000276/4-cara-membasmi-tikus-di-rumah-dijamin-enggak-bakal-muncul-lagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke